Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
Kelas / Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
A.Kompetensi Inti (KI):
KI-1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
KI-2
|
Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahun tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
B.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1.
|
1.1. Menghayati
Al-Qur'an sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
|
|
2.
|
2.7.
Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari surah ar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11
|
|
3
|
3.3 Memahami
kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis yang
terkait tentang menuntut ilmu
|
3.3.1
Mengidentifikasi hukum bacaan
mad dalam surah ar-Rahman/55:33
3.3.2
Mengidentifikasi hukum bacaan
mad dalam surah al-Mujadalah/58:11.
3.3.3
Menjelaskan hukum bacaan mad
dalam surah ar-Rahman/55:33
3.3.4
Menjelaskan hukum bacaan mad
dalam surah al-Mujadalah/58:11
|
4.
|
4.3. Membaca surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11, dengan tartil
|
4.3.1 Mendemontrasikan
bacaan surat
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan
tartil
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN: (prinsip
a-b-c-d) mencerminkan proses dan hasil
Pertemuan pertama:
1.
Diberikan
kesempatan untuk mengkaji tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat
menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar.
2.
Diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat mengidentifikasi
hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan benar.
Pertemuan
kedua:
1.
Diberikan kesempatan berlatih
membaca, peserta didik dapat mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
D.
MATERI PEMBELAJARAN:
Hukum
Bacaan Mad
Allah SWT berfirman: “ Bacalah Al Quran
dengan tartil”. Membaca Al Quran dengan tartil artinya membaca Al Quran dengan
mengikuti ketentuan yang terdapat dalam ilmu tajwid. Ilmu tajwid adalah ilmu
yang mempelajari tata cara membaca Al Quran dengan baik dan benar.
Salah satu tema yang dipelajari dalam
ilmu tajwid adalah tentang bacaan Mad. Mad artinya bacaan panjang, yaitu membaca panjang
pada huruf-huruf yang memiliki kriteria mad. Ada dua macam mad, yaitu mad
Tabi;i atau mad asli dan mad far’i atau cabang. Bagian ini hanya akan membahas hukum bacaan mad tabi’i atau mad asli.
Mad tabi’i artinya bacaan panjang dua harakat atau dua
ketukan. Bacaan mad yang dimaksud di sini adalah cara membaca huruf dengan
memanjang karena ada hukum mad. Ketentuan hukum bacaan mad sebagai berikut.
a.
Huruf alif (ا ) atau fathah berdiri. Apabila ada huruf
alif didahului tanda baca fathah,
contoh:
اياكَ atau tanda fathah berdiri, contoh: , ملِكِ maka tanda baca fathah tersebut
dibaca panjang dua harakat atau dua ketukan.
b.
Huruf wau (و ). Apabila ada huruf wau sukun se
belumnya bertanda baca dhomah, contoh المَغْضُوبِ , maka tanda baca domah
tersebut dibaca panjang dua harakat atau dua ketukan.
c.
Huruf ya (ي ). Apabila ada huruf ya sukun dan
didahului tanda baca kasrah, contoh: الذِيْنَ , maka
kasrah tadi dibaca panjang dua harakat atau dua ketukan.
Identifikasi Hukum Bacaan Mad dalam surah ar-Rahman/55:33
dan surah alMujadalah/58:11
Di dalam Q.S ar Rahman:33 dan al Mujadallah: 11 berikut
ini terdapat bacaan-bacaan mad Thobi`i.
Berikut
adalah Al Quran surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
يَا
مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالإنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ
وَالأرْضِ فَانْفُذُوا لا تَنْفُذُونَ إِلا بِسُلْطَانٍ (٣٣)
يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ
فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ
دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (١١)
E.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Model pembelajaran : Cooperative
Learning
3.
Metode :
Cooperative
Learning , Group Investigation, Tanya jawab, ceramah bervariasi
F.
SUMBER BELAJAR
1.
Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI halaman 887
dan 910
2.
CD Al Quran in Word
3.
Buku teks siswa PAI SMP Kelas VII halaman 2-3
G.
MEDIA PEMBELAJARAN
Media/alat bantu: Foto tentang kegiatan penelitian, tumbuhan dan alam
ciptaan Allah, Alat peraga dari kertas karton tentang pembelajaran tajwid,
foto.
H.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama: ( 2 X 40 menit )
No.
|
Kegiatan pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam, membaca Al Quran dan berdo’a
bersama dipimpin oleh seorang peserta didik/ketua kelas dengan penuh khidmat;
b. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c. Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi
pelajaran.
d. Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar
dan tujuan yang akan dicapai.
e. Guru membagi peserta didik dalam enam kelompok.
|
|
± 15 menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Peserta didik
mengamati gambar tentang tumbuhan sebagai ciptaan Allah(observing/mengamati).
b. Bertanya jawab tentang informasi yang belum
dipahami dari kegiatan pengamatan (Questioning/menanya)
c. Siswa dan guru saling memberikan tanggapan tentang pertanyaan dari hasil hasil
pengamatan.
d. Guru memberikan
penguatan tentang hasil pengamatan tanggapan siswa.
e. Secara berkelompok peserta didik
mengkaji literatur yang telah
disiapkan untuk memahami hukum bacaan mad, yang berkaitan dengan pengertian,
cara membaca dan contohnya.(observing).
f. Secara berkelompok peserta didik mengidentifikasi hukum bacaan
mad yang terdapat pada surah ar-Rahman/55:33
dan surat al-Mujadalah/58: 11(observing/mengamati).
g. Setiap kelompok
mengidentifikasi hukum bacaan mad yang terdapat pada surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58 dan menuliskannya pada kertas karton. (Exploring/mengekplorasi).
h. Setiap
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya secara bergantian dan
kelompok lain menanggapi.
(communicating/mengkomunikasikan).
i. Peserta didik dengan motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang hukum bacaan mad yang terdapat pada surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58
(Quesioning/menanya).
j. Peserta didik memperhatikan penguatan pemahaman
mad yang disampaikan guru melalui media bagan tentang
bacaan mad
|
Cooperative
Learning tanya jawab.
|
± 50 menit
|
3.
|
Penutup
a. Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaransecarademokratis.
b. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
c. Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
- Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
d.
Guru menjelaskanmateri yang akandipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur tentang mengidentifikasi bacaan mad yang
terdapat dalam surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58
e.
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan hamdalah.
|
|
± 15 menit
|
Pertemuan kedua: (1 X 40
menit )
No.
|
Kegiatan pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
a. Ketua
kelas mempersiapkan teman-temannya untuk mengikuti pelajaran dan mengucap
salam kepada guru
b. Guru
menyapa siswa dan melakukan presensi
c. Guru
mengajukan pertanyaan dann mengaitkan pelajaran yang sudah dipelajari dengan
yang akan dipelajari
d. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan tersebut
dan kegiatan pembelajaran pada saat itu.
|
|
± 10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Secara berpasangan
dengan teman sebangku peserta didik berlatih membaca surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58: 11 secara tartil.
(Experimenting/mencoba).
b.
Secara individu peserta didik
mendemonstrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11dengantartil.(communicating/mengkomunikasikan).
|
Kooperatif learning dengan model Group Investigation
|
± 25 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup:
a.
Guru memberikan konfirmasi tentang
kesalahan-kesalahan bacaan peserta didik dan memberikan penguatan terhadap
bacaan yang sudah benar.
b.
Guru memberikan tugas rumah kepada
siswa agar selalu berlatih membaca Al Quran.
|
|
± 5 menit
|
I.
PENILAIAN
Pertemuan pertama
1. Sikap sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian
Antar Teman
b. Bentuk Instrumen :
Lembar Pengamatan
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
Terlampir
|
|
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong
temannya tentang pelajaran.
|
Terlampir
|
|
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.
|
Terlampir
|
|
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.
|
Terlampir
|
|
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
2. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :
Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Soal test Uraian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Mengidentifikasi
hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
|
Salinlah kata/kalimat yang terdapat
bacaan mad Thobi`i padaQ.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
|
|
Salinlah kata/kalimat yang terdapat
bacaan mad Thobi`i padaQ.S al Mujadallah ayat 11.
|
Instrumen: Terlampir
Pertemuan kedua:
3. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk kerja
b.
Bentuk Instrumen : Praktik
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat membaca Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
Bacalah Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
dengan tartil!
|
|
Dapat membaca Q.S. Al- Mujadalah (58)
ayat 11
|
Bacalah Q.S. Al- Mujadalah (58)
ayat 11 dengan tartil !
|
Instrumen: Terlampir
Kediri,
3 Agustus 2015
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah ……………………..
Drs. Dharmawan
Harry Dra. Umi
Kholishoh,
NIP……………………. NIP…………………..
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
VII /
Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaianantar teman .
|
|||||||||
Petunjuk:
a.
Dibuatkelompokdengananggotamasing-masing 5 - 6 orang
b.
Tiap-tiapkelompokberdiskusiuntukmenilaisetiapanggotakelompok
lain
c.
Membuatrekappenilaianuntuktiap-tiapPesertadidik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-
kadang
|
TidakPernah
|
||||||||
1
|
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong
temannya tentang pelajaran.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.
|
|
|
|
|
|
|||||
5
|
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
…………………….,
Tanggal : ……..……...
Ketua
kelompok
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Rubrik penilaian identifikasi bacaan mad:
No.
|
Banyak
contoh bacaan mad Thobi`i
|
Skor perolehan
|
1.
|
Banyak
contoh yang dicari dan benar
|
|
|
Skor
maksimal
|
30
|
Keterangan: Nilai = skor
perolehan
X
100
30
Kunci jawaban tugas identifikasi bacaan mad Thobi`i:
Lafadh yang bergaris bawah berikut adalah
bacaan mad Thobi`i:
يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالإنْسِ إِنِ
اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِالسَّمَاوَاتِ
وَالأرْضِ فَانْفُذُوالا تَنْفُذُونَ إِلا بِسُلْطَانٍ (٣٣)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَآمَنُواإِذَاقِيلَ
لَكُمْ تَفَسَّحُوافِيالْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ
لَكُمْ وَإِذَاقِيلَانْشُزُوافَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُالَّذِينَآمَنُوا
مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍوَاللَّهُ
بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (١١)
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
Kelas / Semester
|
:
|
VII /
Ganjil
|
|||||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Membaca QS ar Rahman/55: 33 dan al Mujadalah/58: 11
|
|
||||||||
Indikator
|
:
|
Mendemontrasikan
bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan
tartil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
RUBRIK
PENILAIAN
|
|||||||||||
No.
|
Nama Surat
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||||||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Salah Satu Hadits tentang
Ilmu Pengetahuan
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
Skormaksimal
Skor maksimal = 12
|
|
||||||||
Lampiran4 :
Mengamati Foto-foto
Amati gambar ini, kemudian berikan tanggapanmu!
0 komentar:
Post a Comment