MENU BLOG

Wednesday, 9 September 2015

LEMBAR PENGAMATAN PEMBELAJARAN K 13

LEMBAR KERJA
PENGAMATANPEMBELAJARAN
1. Nama Peserta         : ..............................................
2. Asal Sekolah            : ..............................................
3. Tema                       : ..............................................
Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan



Melakukan apersepsi dan motivasi



a
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam  mengawali kegiatan pembelajaran.



b
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau dengan tema  sebelumnya.



c
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan dengan tema yang  akan dibelajarkan.



d
Mengajak peserta didik berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi.



Kegiatan Inti



Guru menguasai materi  dalam tema yang disajikan



a.
Kemampuan menyesuaikan materi dalam tema dengan tujuan pembelajaran.



b.
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevandengan perkembangan Iptek dankehidupan nyata .



c.
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dalam tema yang dibelajarkan dengan tepat.



d.
 Menyajikan materi dalam tema secara sistematis  dan gradual (dari yang mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Guru menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik



a.
 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.



b.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.



c.
Menguasai kelas dengan baik.



d.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.



e.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).



f.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.



Guru menerapkan pendekatan scientific



a
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.



b
Memancing peserta didik  untuk peserta didik bertanya.



c
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengamati.



d
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan menganalisis.



f
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengkomunikasikan.




Guru melaksanakan penilaian autentik



a
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran.



b
Melakukan penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktifitas individu/kelompok.



c
Mendokumentasikan hasil pengamatan skap, perilaku dan keterampilan peserta didik.



Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran



a.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.



b.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.



c.
Menghasilkan pesan yang menarik.



d.
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.



e.
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.



Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran



a.
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.



b.
Merespon positif partisipasi peserta didik,



c.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik,



d.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.



e.
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme peserta didik dalam belajar.



Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran



a.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.



b.
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.



c.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.



  Penutup Pembelajaran
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif



a.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.



b.
 Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.





0 komentar: