PENGAMATANPEMBELAJARAN
1. Nama Peserta :
..............................................
2. Asal Sekolah :
..............................................
3. Tema :
..............................................
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
|
Melakukan apersepsi dan motivasi
|
|
|
|
|
a
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
|
|
|
b
|
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang
dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau dengan
tema sebelumnya.
|
|
|
|
c
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitan dengan tema yang akan
dibelajarkan.
|
|
|
|
d
|
Mengajak peserta didik
berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan
materi.
|
|
|
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
|
|
Guru menguasai
materi dalam tema
yang disajikan
|
|
|
|
|
a.
|
Kemampuan
menyesuaikan materi dalam tema dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
b.
|
Kemampuan
mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara
relevandengan perkembangan Iptek dankehidupan nyata .
|
|
|
|
c.
|
Menyajikan pembahasan materi
pembelajaran dalam tema yang dibelajarkan dengan tepat.
|
|
|
|
d.
|
Menyajikan materi dalam tema secara
sistematis dan gradual (dari yang mudah ke
sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
Guru menerapkan strategi
pembelajaran yang mendidik
|
|
|
|
|
a.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
kompetensi yang akan dicapai.
|
|
|
|
b.
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut.
|
|
|
|
c.
|
Menguasai
kelas dengan baik.
|
|
|
|
d.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual.
|
|
|
|
e.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant
effect).
|
|
|
|
f.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
|
|
|
|
Guru menerapkan pendekatan
scientific
|
|
|
|
|
a
|
Memberikan
pertanyaan mengapa dan bagaimana.
|
|
|
|
b
|
Memancing
peserta didik untuk peserta didik
bertanya.
|
|
|
|
c
|
Menyajikan
kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengamati.
|
|
|
|
d
|
Menyajikan
kegiatan peserta didik untuk keterampilan menganalisis.
|
|
|
|
f
|
Menyajikan
kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengkomunikasikan.
|
|
|
|
|
Guru melaksanakan penilaian autentik
|
|
|
|
a
|
Mengamati
sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
|
|
|
|
b
|
Melakukan
penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktifitas individu/kelompok.
|
|
|
|
c
|
Mendokumentasikan
hasil pengamatan skap, perilaku dan keterampilan peserta didik.
|
|
|
|
Guru memanfaatan
sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
a.
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar
pembelajaran.
|
|
|
|
b.
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran.
|
|
|
|
c.
|
Menghasilkan
pesan yang menarik.
|
|
|
|
d.
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan
sumber belajar pembelajaran.
|
|
|
|
e.
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
|
|
|
|
Guru memicu
dan/atau memelihara keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
a.
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
|
|
|
|
b.
|
Merespon
positif partisipasi peserta didik,
|
|
|
|
c.
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons peserta didik,
|
|
|
|
d.
|
Menunjukkan
hubungan antar pribadi yang kondusif.
|
|
|
|
e.
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusisme peserta didik dalam belajar.
|
|
|
|
Guru menggunakan
bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
a.
|
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar.
|
|
|
|
b.
|
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar.
|
|
|
|
c.
|
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai.
|
|
|
|
Penutup
Pembelajaran
|
||||
Guru mengakhiri
pembelajaran dengan efektif
|
|
|
|
|
a.
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
|
|
|
|
b.
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan
arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
|
|
|
|
0 komentar:
Post a Comment