PENGAMATANPEMBELAJARAN
1. Nama Peserta         :
.............................................. 
2. Asal Sekolah            :
..............................................
3. Tema                       :
..............................................
| 
    
Aspek yang Diamati 
 | 
   
    
Ya 
 | 
   
    
Tidak 
 | 
   
    
Catatan 
 | 
  |
| 
   
Kegiatan
  Pendahuluan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
Melakukan apersepsi dan motivasi 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
a 
 | 
  
   
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
  didik dalam  mengawali kegiatan
  pembelajaran. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
b 
 | 
  
   
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang
  dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau dengan
  tema  sebelumnya. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
c 
 | 
  
   
Mengajukan pertanyaan yang ada
  keterkaitan dengan tema yang  akan
  dibelajarkan. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
d 
 | 
  
   
Mengajak peserta didik
  berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan
  materi. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Kegiatan
  Inti 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
Guru menguasai
  materi  dalam tema
  yang disajikan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
a. 
 | 
  
   
Kemampuan
  menyesuaikan materi dalam tema dengan tujuan pembelajaran. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
b. 
 | 
  
   
Kemampuan
  mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara
  relevandengan perkembangan Iptek dankehidupan nyata . 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
c. 
 | 
  
   
Menyajikan pembahasan materi
  pembelajaran dalam tema yang dibelajarkan dengan tepat. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
d. 
 | 
  
   
 Menyajikan materi dalam tema secara
  sistematis  dan gradual (dari yang mudah ke
  sulit, dari konkrit ke abstrak) 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Guru menerapkan strategi
  pembelajaran yang mendidik 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
a. 
 | 
  
   
 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
  kompetensi yang akan dicapai. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
b. 
 | 
  
   
Melaksanakan
  pembelajaran secara runtut. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
c. 
 | 
  
   
Menguasai
  kelas dengan baik. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
d. 
 | 
  
   
Melaksanakan
  pembelajaran yang bersifat kontekstual. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
e. 
 | 
  
   
Melaksanakan
  pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant
  effect). 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
f. 
 | 
  
   
Melaksanakan
  pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Guru menerapkan pendekatan
  scientific 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
a 
 | 
  
   
Memberikan
  pertanyaan mengapa dan bagaimana. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
b 
 | 
  
   
Memancing
  peserta didik  untuk peserta didik
  bertanya. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
c 
 | 
  
   
Menyajikan
  kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengamati. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
d 
 | 
  
   
Menyajikan
  kegiatan peserta didik untuk keterampilan menganalisis. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
f 
 | 
  
   
Menyajikan
  kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengkomunikasikan. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   
Guru melaksanakan penilaian autentik 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
a 
 | 
  
   
Mengamati
  sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
b 
 | 
  
   
Melakukan
  penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktifitas individu/kelompok. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
c 
 | 
  
   
Mendokumentasikan
  hasil pengamatan skap, perilaku dan keterampilan peserta didik. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Guru memanfaatan
  sumber belajar/media dalam pembelajaran 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
a. 
 | 
  
   
Menunjukkan
  keterampilan dalam penggunaan sumber belajar 
  pembelajaran. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
b. 
 | 
  
   
Menunjukkan
  keterampilan dalam penggunaan  media
  pembelajaran. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
c. 
 | 
  
   
Menghasilkan
  pesan yang menarik. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
d. 
 | 
  
   
Melibatkan
  peserta didik dalam   pemanfaatan
  sumber belajar pembelajaran. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
e. 
 | 
  
   
Melibatkan
  peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Guru memicu
  dan/atau memelihara keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
a. 
 | 
  
   
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
  melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
b. 
 | 
  
   
Merespon
  positif partisipasi peserta didik, 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
c. 
 | 
  
   
Menunjukkan
  sikap terbuka terhadap respons peserta didik, 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
d. 
 | 
  
   
Menunjukkan
  hubungan antar pribadi yang kondusif. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
e. 
 | 
  
   
Menumbuhkan
  keceriaan dan antusisme peserta didik dalam belajar. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Guru menggunakan
  bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
a. 
 | 
  
   
Menggunakan
  bahasa lisan secara jelas dan lancar. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
b. 
 | 
  
   
Menggunakan
  bahasa tulis yang baik dan benar. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
c. 
 | 
  
   
Menyampaikan
  pesan dengan gaya yang sesuai. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
  Penutup
  Pembelajaran 
 | 
 ||||
| 
   
Guru mengakhiri
  pembelajaran dengan efektif 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
a. 
 | 
  
   
Melakukan
  refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
b. 
 | 
  
   
 Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan
  arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 









0 komentar:
Post a Comment