MENU BLOG

Tuesday 8 September 2015

contoh RPP K13 Mapel PAI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan   :
Mata Pelajaran         :
Kelas / Semester       :
Materi Pokok           :
Alokasi Waktu         :

A.Kompetensi Inti (KI):
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2

Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahun tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian
KI-4


Mencoba, mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)   dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.1. Menghayati Al-Qur'an sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.

2.
2.7.  Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11

3
3.3  Memahami kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis yang terkait tentang menuntut ilmu
3.3.1        Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33
3.3.2        Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah al-Mujadalah/58:11.
3.3.3        Menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33
3.3.4        Menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah al-Mujadalah/58:11
4.
4.3. Membaca surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengan tartil
4.3.1 Mendemontrasikan bacaan surat ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil
C.     TUJUAN PEMBELAJARAN: (prinsip a-b-c-d) mencerminkan proses dan hasil
Pertemuan pertama:
1.         Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar.
2.         Diberikan kesempatan untuk berdiskusi  tentang hukum bacaan mad,  peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan benar.

Pertemuan kedua:
1.      Diberikan kesempatan berlatih membaca, peserta didik dapat mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil.




D.    MATERI PEMBELAJARAN:
       Hukum Bacaan Mad
Allah SWT berfirman: “ Bacalah Al Quran dengan tartil”. Membaca Al Quran dengan tartil artinya membaca Al Quran dengan mengikuti ketentuan yang terdapat dalam ilmu tajwid. Ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari tata cara membaca Al Quran dengan baik dan benar.
Salah satu tema yang dipelajari dalam ilmu tajwid adalah tentang bacaan Mad. Mad artinya bacaan panjang, yaitu membaca panjang pada huruf-huruf yang memiliki kriteria mad. Ada dua macam mad, yaitu mad Tabi;i atau mad asli dan mad far’i atau cabang. Bagian ini hanya akan membahas hukum bacaan mad tabi’i atau mad asli.
Mad tabi’i artinya bacaan panjang dua harakat atau dua ketukan. Bacaan mad yang dimaksud di sini adalah cara membaca huruf dengan memanjang karena ada hukum mad. Ketentuan hukum bacaan mad sebagai berikut.
a.  Huruf alif (ا  ) atau fathah berdiri. Apabila ada huruf alif  didahului tanda baca fathah,     
contoh:      اياكَ  atau tanda fathah berdiri, contoh: ,    ملِكِ           maka tanda baca fathah tersebut dibaca panjang dua harakat atau dua ketukan.
b.   Huruf wau (و ). Apabila ada huruf wau sukun se belumnya bertanda baca dhomah, contoh  المَغْضُوبِ , maka tanda baca domah tersebut dibaca panjang dua harakat atau dua ketukan.
c.    Huruf ya (ي ). Apabila ada huruf ya sukun dan didahului tanda baca kasrah, contoh: الذِيْنَ  , maka    kasrah tadi dibaca panjang dua harakat atau dua ketukan.

Identifikasi Hukum Bacaan Mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah alMujadalah/58:11
Di dalam  Q.S ar Rahman:33 dan al Mujadallah: 11 berikut ini terdapat bacaan-bacaan mad Thobi`i. 
Berikut adalah  Al Quran surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالإنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ فَانْفُذُوا لا تَنْفُذُونَ إِلا بِسُلْطَانٍ (٣٣)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (١١)

E.       METODE PEMBELAJARAN:
1.         Pendekatan               : Scientific
2.         Model pembelajaran : Cooperative Learning
3.         Metode                     : Cooperative  Learning , Group Investigation, Tanya jawab, ceramah bervariasi
F.        SUMBER BELAJAR
1.         Kitab al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI halaman 887 dan 910
2.         CD Al Quran in Word
3.         Buku teks siswa PAI SMP Kelas VII halaman 2-3
G.      MEDIA PEMBELAJARAN
Media/alat bantu: Foto tentang kegiatan penelitian, tumbuhan dan alam ciptaan Allah, Alat peraga dari kertas karton tentang pembelajaran tajwid, foto.
H.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN          
Pertemuan Pertama: ( 2 X 40 menit )
No.
Kegiatan pembelajaran
Metode
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Guru membuka pembelajaran dengan salam, membaca Al Quran dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik/ketua kelas dengan penuh khidmat;
b.     Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.     Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
d.     Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
e.     Guru membagi peserta didik dalam enam kelompok.

± 15 menit
2.
Kegiatan inti
a.    Peserta didik mengamati gambar tentang tumbuhan sebagai ciptaan Allah(observing/mengamati).
b.   Bertanya jawab tentang informasi yang belum dipahami dari kegiatan pengamatan (Questioning/menanya)
c.    Siswa dan guru saling memberikan tanggapan tentang pertanyaan dari hasil hasil pengamatan.
d.   Guru memberikan penguatan tentang hasil pengamatan tanggapan siswa.
e.    Secara berkelompok peserta didik mengkaji  literatur yang telah disiapkan untuk memahami hukum bacaan mad, yang berkaitan dengan pengertian, cara membaca dan contohnya.(observing).
f.     Secara berkelompok  peserta didik mengidentifikasi hukum bacaan mad yang terdapat pada surah ar-Rahman/55:33 dan surat al-Mujadalah/58: 11(observing/mengamati).
g.    Setiap kelompok mengidentifikasi hukum bacaan mad yang terdapat pada surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58 dan menuliskannya pada kertas karton. (Exploring/mengekplorasi).
h.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya secara bergantian dan kelompok lain menanggapi. (communicating/mengkomunikasikan).
i.      Peserta didik dengan motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang hukum bacaan mad yang terdapat pada surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58
(Quesioning/menanya).
j.      Peserta didik memperhatikan penguatan pemahaman mad yang disampaikan guru melalui media  bagan tentang bacaan mad
Cooperative  Learning  tanya jawab.
± 50 menit

3.
Penutup
a.     Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaransecarademokratis.
b.     Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.     Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-  Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
d.     Guru menjelaskanmateri yang akandipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur tentang mengidentifikasi bacaan mad yang terdapat dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58
e.     Bersama-sama menutup pelajaran dengan hamdalah.


± 15 menit

Pertemuan kedua: (1 X 40 menit )
No.
Kegiatan pembelajaran
Metode
Waktu
1.
Pendahuluan:
a.    Ketua kelas mempersiapkan teman-temannya untuk mengikuti pelajaran dan mengucap salam kepada guru
b.   Guru menyapa siswa dan melakukan presensi
c.    Guru mengajukan pertanyaan dann mengaitkan pelajaran yang sudah dipelajari dengan yang akan dipelajari
d.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan tersebut dan kegiatan pembelajaran pada saat itu.

± 10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.         Secara berpasangan dengan teman sebangku peserta didik berlatih membaca surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58: 11 secara tartil.
(Experimenting/mencoba).
b.         Secara individu peserta didik mendemonstrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengantartil.(communicating/mengkomunikasikan).
Kooperatif learning dengan model Group Investigation
± 25 menit
3.
Kegiatan Penutup:
a.     Guru memberikan konfirmasi tentang kesalahan-kesalahan bacaan peserta didik dan memberikan penguatan terhadap bacaan yang sudah benar.
b.     Guru memberikan tugas rumah kepada siswa agar selalu berlatih membaca Al Quran.

± 5 menit
I.         PENILAIAN
Pertemuan pertama
1.    Sikap sosial
                            a.     Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar Pengamatan
                            c.     Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
Terlampir
  1.  
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.
Terlampir
  1.  
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.
Terlampir
  1.  
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.
Terlampir
  1.  
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
Terlampir
Instrumen: Terlampir


2.    Pengetahuan
                            a.     Teknik Penilaian               : Tes Tulis
                           b.     Bentuk Instrumen            : Soal test Uraian
                            c.     Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen

Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
Salinlah kata/kalimat yang terdapat bacaan mad Thobi`i padaQ.S. Ar-Rahman (55) ayat 33


Salinlah kata/kalimat yang terdapat bacaan mad Thobi`i padaQ.S al Mujadallah ayat 11.
Instrumen: Terlampir

Pertemuan kedua:
3.    Keterampilan
a.         Teknik Penilaian                           : Unjuk kerja
b.         Bentuk Instrumen                        : Praktik
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Dapat membaca Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
Bacalah Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan tartil!
  1.  
Dapat membaca Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11
Bacalah Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan tartil !
Instrumen: Terlampir


                                                                                                      Kediri, 3 Agustus 2015
Mengetahui                                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah                                                                          ……………………..                                                       



Drs. Dharmawan Harry                                                                 Dra. Umi Kholishoh,  
NIP…………………….                                                              NIP…………………..
















LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)

Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaianantar teman .

Petunjuk:
a.     Dibuatkelompokdengananggotamasing-masing 5 - 6 orang
b.     Tiap-tiapkelompokberdiskusiuntukmenilaisetiapanggotakelompok lain
c.     Membuatrekappenilaianuntuktiap-tiapPesertadidik

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Selalu
Sering
Kadang-
kadang
TidakPernah

1
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.






2
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.






3
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.






4
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.






5
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------                            
Skormaksimal




……………………., Tanggal : ……..……...
Ketua kelompok


LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Rubrik penilaian identifikasi bacaan mad:
No.
Banyak contoh bacaan mad  Thobi`i
Skor perolehan
1.
Banyak contoh yang dicari dan benar


Skor maksimal
30

Keterangan: Nilai =     skor perolehan
X 100
30

Kunci jawaban tugas  identifikasi bacaan mad Thobi`i:
Lafadh yang bergaris bawah berikut adalah bacaan mad Thobi`i:

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالإنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِالسَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ فَانْفُذُوالا تَنْفُذُونَ إِلا بِسُلْطَانٍ (٣٣)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَآمَنُواإِذَاقِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوافِيالْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَاقِيلَانْشُزُوافَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُالَّذِينَآمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍوَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (١١)













Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)

Kelas / Semester
:
VII / Ganjil

KompetensiDasar
:
Membaca QS ar Rahman/55: 33 dan al Mujadalah/58: 11

Indikator
:
Mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil

TeknikPenilaian
:
Lisan.

Penilai
:
Guru


RUBRIK PENILAIAN


No.
Nama Surat
Kriteria
Skor


Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
Tidak Lancar


1
QS. Al Mujadalah (58): 11







2
QS. Ar-Rahman (55): 33







3
Salah Satu Hadits tentang Ilmu Pengetahuan







JUMLAH SKOR







KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR


Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  
Skormaksimal
Skor maksimal = 12

















Lampiran4 : Mengamati Foto-foto

Amati gambar ini, kemudian berikan tanggapanmu!

Rounded Rectangle: Gb. 2














0 komentar: