MENU BLOG

Saturday 27 September 2014

ADAB MURID TERHADAP GURU DALAM KITAB IHYA’ ULUMUDDIN DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM

I.         PENDAHULUAN

Manusia  diciptakan  Tuhan  secara  sempurna  di  alam  ini.  Hakekat manusia   yang   menjadikan   ia   berbeda   dengan   lainnya   adalah   bahwa sesungguhnya  manusia  yang  membutuhkan  bimbingan  dan  pendidikan. Hanya melalui pendidikan manusia sebagai homo educable dapat dididik, dengan  pelantara  guru.  Dan  pendidikan  sebagai  alat  yang  ampuh  untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri manusia. Sehingga
ia   mampu   menjadi   khalifah   di   bumi,   pendudung   dan   pengembang kebudayaan.
Dalam  suatu  pendidikan  ini  memiliki  tujuan  yang  akan  dicapai, sebagai   mana   ungkapan   Miskawaih   “Pendidikan   itu   bertujuan   untuk terwujudnya  pribadi susila, berwatak yang lahir dari prilaku-prilaku  luhur dan berbudi pekerti mulia”.1
Untuk  membentuk  pribadi  atau  watak  terhadap anak  ini,  tidaklah

semudah  membalikkan  telapak  tangan,  melalui  pendidikanlah  pribadi tersebut akan tercipta atau melekat pada jiwa anak, dan dalam pendidikan ini   memperkenalkan   beberapa   metode   antara   lain   metode   kebiasaan, keteladanan dan lain-lain.
Hendaklah   orang   tua   untuk   selalu   membiasakan   dan   melatih anaknya  untuk  menghormati  guru  atau  memuliakannya  dan  orang  yang lebih tua dari padanya. Di antara memuliakan guru adalah tidak berjalan di
depannya,  tidak  duduk  di  tempat  duduknya,  tidak  memulai  berbicara



1    Fakultas   Tarbiyah   IAIN   Wali   Songo,   Jurnal   Ilmu   Pendidika da Islam Media
(Semarang : Edisi 29/ Agustus/Th VII/ 1998), Hlm. 15





kecuali  mendapat  izin  darinya,  tidak  banyak  bicara,  tidak  mengajukan

pertanyaan  didapat  guru  dalam  keadaan  tidak  enak,  dan  jagalah  waktu, jangan  sampai  mengetuk  pintunya,  harus  sabar  menunggu  sampai  guru keluar.2        Karena     pembiasaan-pembiasaan            dan                                    latihan             tersebut   akan membentuk  sikap  tertentu  pada  anak  yang  lambat  laun  sikap  itu  akan bertambah  jelas  dan  kuat,  akhirnya  tidak  tergoyahkan  lagi  telah  masuk menjadi bagian dari pribadinya.3


II.        PERMASALAHAN


Dari uraian di atas, maka timbullah permasalahan setidaknya ada dua permasalahan dalam pembahasan yaitu:
1.   Apa saja adab murid terhadap guru dalam kitab Ihya’ Ulumuddin ?

2.   Bagaimana     relevansinya     adab    murid     terhadap    guru    dengan pembentukan kepribadian muslim ?

III.      PEMBAHASAN

A.  Pengertian Adab Murid Terhadap Guru

Kata  Adab  ini  berasal  dari  bahasa  arab  yaitu  aduba,  ya’dabu, adaban,  yang  mempunyai  arti  bersopan  santun,  beradab.4  Sedangkan dalam  kamus  besar  indonesia  menyebutkan  adab  berarti  kesopanan, tingkah laku, dan akhlak.5   kata adab ini tidak sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan yang sering digunakan adalah kata akhlak.
  
hlm.17


2   Syekh  Ibrahim  bin  Ismail,  Syarak  Ta’lim  Muta’lim,  (Indonesia  ;  C  V  Karya  Insan,  t.th),

3  Zakiyah Darazat, Ilmu Jiwa agama, (Jakarta:P.T. Bulan Bintang, 1996), Cet XII, Hlm.61-62
4Muhammad   Yunus,   Kamus   Bahasa   Ara Indonesia,   (Jakarta    Haid Karya   Agung,

1990),Hlm.38
5  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai
Pustaka, 1997), Cet III, Hlm. 5





6  ﺔﻴﻧ ﺎﺴﻧ او ﺎﺑ دأ ﻰﻤﺴﻳ ﻞﻌﻔﻟاو لﻮﻘﻟا ﻓ ﺔﻠﻣﺎﻌﻤﻟا ﻦﺴﺣو ﺔﻤﻳﺮﻜﻟا ق ﻼﺧﻷﺎﺑ ﻖﻠﺨﺘﻟا


“berakhlak  dengan  akhlak  yang  mulia  dan  bagusnya  cara  bergaul
dalam  ucapan  maupun  perbuatan  inilah  yang  dinamakan  adab  dan kemanusian “.

Sedangkan   Murid   adalah   orang   yang   menghendaki   agar mendapatkan                         ilmu    pengetahuan,    ketrampilan,    pengalaman,    dan kepribadian yang baik untuk bekal hidup agar bahagia di dunia dan di akhirat dengan jalan belajar yang sungguh-sungguh.7  Dan guru adalah orang yang menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik.
Dari  uraian  di  atas,  dapat  ditarik  benang  merah  bahwa  adab murid terhadap guru adalah bagaimana hubungan murid dengan guru dalam belajar baik di dalam kelas maupun diluar kelas.


B.  Adab Murid Terhadap Guru Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin

Pendidikan  seharusnya  dipahami  sebagai  suatu  proses  timbal balik  tiap-tiap  pribadi  manusia  dalam  penyesuaian  dirinya  dengan alam, dengan teman (sesama teman), dan dengan alam semesta. Dari proses pendidikan tersebut dapat menimbulkan perubahan pada pribadi manusia,  sebagaimana  pendapat  Sir  gord  Frey  Thomas  dalam  A Modern  Philosophy  of  Education  dijelaskan  bahwa  By  Education means the influence of environment upon the individual to produce a permanent   change   in   his   habits   behaviour,   of   thoung,   and   of
attitude”.8   Artinya  yang  dimaksud  dengan  pendidikan  adalah  hasil

pengaruh    lingkungan     terhadap    individu     untuk     menghasilkan






6  Ali Fikri, Adabul Fataat, (Bairut Libanan : Darul kutub, t.th), Hlm. 7
7   Abudin  Nata,  Persepektif  Islam  Tentang  pola  Hubungan  Guru-  Murid  (Studi  Pemikiran
Tasawuf Al-Ghazali), (Jakarta ; Grafindo Persada, 2001), Hlm. 49
8  Sir Gord Frey Thomsons, A Modern Philosophy of Education, (London : 1957), hlm. 19





perubahan  yang  bersifat  permanen  di  dalam kebiasaan,  tingkah  laku,

pemikiran dan sikap.



Dari   uraian   di   atas   dapat   dilihat   bahwa   dalam   proses pendidikan  yang  berlangsung,  tidak  lepas  dari  intraction  education (hubungan  antara  murid  dengan  guru).  Di  mana  seorang  murid  itu dalam  menuntut  ilmu  bukan  mencari  lembaga  tetapi  mencari  guru, mengapa? Karena seorang murid ini akan mengabdi kepada gurunya. Hubungan   yang   terjalin   antara   murid   dengan   guru   selalu   intim, sebagaimana  murid  menghormati  gurunya  seperti  seorang  ayah  dan mematuhinya,  bahkan  dalam  hal-hal  pribadi  yang  tidak  langsung berkaitan dengan pendidikannya secara formal.
Hubungan  yang  terjalin  antara  murid  dan  gurunya  ini,  akan memberi pengaruh sikap dan kepribadian murid dalam kesehariannya, dan   berhasil   atau   tidaknya   dalam   mencapai   cita-cita   yang   akan dicapainya. Oleh karena itu al-Ghazali menjelaskan dalam kitab Ihya
‘Ulumuddinnya,  adab  murid  terhadap  guru,  supaya  apa  yang  dicita- citakan   oleh   murid   akan   berhasil   dengan   baik,   dan   adab   murid
terhadap guru antara lain:




“Seorang  Pelajar  itu  jangan  menyombong  dengan  ilmunya  dan
jangan menentang gurunya.9
Seorang   murid   hendaklah   mendengarkan   dengan     baik semua          nasehat-nasehat  gurunya                dan           mengindahkannya             atau melaksanakan  dalam  kehidupan  sehari  yakni  tindak  tanduknya ketika   dalam   menuntut   ilm supaya   ilm itu   mendekat   tidak menjauh   dem mendapatkan   ilm yang   bermanfaat.   Alangkah


9  Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin I, (Indonesia : Toha Putra, t.th), Hlm. 50





baiknya  seorang  pelajar  ini,  mematuhi  dan  melaksanakan  segala
nasehat,    perintah    atau    perkataan    gurunya.    Nasehat    yang diberikannya  bermanfaat  bagi  murid  untuk  mencapai  apa  yang dicita-citakannya.


“Tidaklah   lanyak   seorang   pelajar   menyombongkan   terhadap gurunya,  termasuk  sebagian  dari  pada  menyombong  terhadap guru  itu,  ialah  tidak  mau  belajar  kecuali  yang  terkenal  benar keahliannya”.10

Dalam  menuntut  ilmu,  janganlah  memandang  siapa  yang menyampaikannya  (guru)  apakah  ia  terkenal  atau  tidak,  karena ilmu  pengetahuan  itu  bagaikan  barang  yang  hilang  dari  tangan seorang mu’min, yang harus dipungut atau dicarinya di mana saja diperolehnya.   Dan   hendaklah   mengucapkan   rasa   terim kasih kepada  siapa  saja  yang  membawanya  kepadanya.  Sebagaimana ungkapkan syair sebagai berikut:

Pengetahuan adalah perjuangan

Bagi pemuda yang bercita-cita tinggi Seumpamanya banjir itu adaah perjuangan Bagi sesuatu tempat tingg…..….

“Ilmu pengetahuan tidak tercapai selain dengan merendahkan diri dan penuh perhatian”.11
Sebagaimana    seorang    murid    dalam    menuntut    ilmu, janganlah  sifat  tamak  dalam  (menginginkan  sesuatu  yang  belum semestinya),  sebab  hanya  akan  menghasilkan  dirinya  hina.  Dan



10  Al-Ghazali, Ibid
11  Al-Ghazali, Ibid.





menjaga sesuatu yang mengakibatkan ilmu beserta ahlinya menjadi
hina, akan tetapi hendaklah tawaduk (rendah hati), karena dengan tawaduk  ilmu  itu  akan  melekat  dalam  hati  sehingga  manusia  dan beradab/bermoral.
  

“Sesungguhnya sikap tawaduk (rendah hati) adalah sebagian dari
sifat-sifat  orang  yang  takwa  kepada  Allah  SWT.  Dan  dengan tawaduk akan semakin baik derajatnya menuju keluhuran.12

Selain      tawaduk,     hendaklah      murid      mendengarkan keterangan  guru  dengan  penuh  perhatian,  supaya  dapat  menyerap seluruh  yang  disampaikan  guru.  Tiada  yang  menolong  kepada pemahaman  selain  dengan  mempergunakan  pendengaran  dengan berhati-hati  dan  sepenuh  jiwa.  Meskipun  keterangan  itu  sudah pernah   didengar   seribu   kali,   hendaknya   keterangan   tersebut didengarkan seperti ia mendengarkan pertama kali.
Dalam  hal  ini  al-Ghazali  mengibaratkan  seorang  murid bagaikan tanah kering yang disirami hujan lebat. Maka meresaplah keseluruhan  bahagiannya  dan  meratalah keseluruhannya air hujan itu.13


“Manakala  guru    itu  menunjukkan  jalan  kepadanya  hendaklah ditaati dan ditinggalkan pendapat sendiri.”
Seorang   pelajar   hendaklah   mentaati   apa   yang   menjadi keputusan    gurunya           dalam                 menentukan            kurikulum,       jangan mengikuti  pendapat  dan  kehendaknya  sendiri,  karena  guru  lebih tahu  tingkatan-tingkatan           pengetahuan           yang  harus         diberikan

12  Syaih Az-Zarnuji, Penj: Noor Anfa Shiddiq, Terjemah Ta’limMuta’lim, (Surabaya:Al- Hidayah, t.th), Hlm. 14
13  Al-Ghazali, Loc-Cit.





kepadamu.  Dari  uraian  di  atas  menimbulkan  beberapa  adab  yang
sejalan   dengan   uraian   tersebut   yang   telah   disebutkan   dalam karangan  Beliau  dalam  kitab  Bidayatul  Bidayah  yaitu  :  Jangan bertanya jika belum minta izin lebih dahulu.14


“Bertanyalah  kepada  ahli  ilmu  jika  kamu  tidak  tahu.”  (Q.S.  An- Nahl:ayat 43)15

Izin   seorang   pelajar   terhadap   gurunya   dalam   bertanya sesuatu  sangat  penting  karena  di  mana  seorang  guru  jelas  lebih tahu   letak   penyampaian   ilmu   yang   harus   diselesaikan   lebih jelasnya  menjaga  kesopanan.  Bertanya  tentang  soal  yang  belum sampai  tingkatanmu  memahaminya,  adalah  dicela,  karena  itulah, maka khaidir melarang   Musa bertanya.

Sebagai mana ungkapan al-Ghazali sebagai berikut:

Tinggalkan bertanya sebelum waktunya ! guru lebih tahu tentang keahlianmu  dan  kapan  sesuatu  ilmu  harus  diajarkan  kepadamu. Sebelum  waktu  itu  datang  dalm  tingkatan  mana  pun  juga,  maka belumlah datang waktunya untuk bertanya.16

Hal di atas jelaslah bahwa seorang pelajar harus sopan dan tidak  boleh  melontarkan  pertanyaan  atau  perkataan  yang  belum minta izin terhadap gurunya atau tiba-tiba berbicara dan bertanya.
Dari  itu  tinggalkanlah  bertanya  sebelum  waktunya,  guru lebih  tahu  tentang  keahlianmu  dan  kapan  sesuatu  ilm harus diajarkan  kepadamu.  Sebelum  waktunya  untuk  bertanya.  Hal  ini





14   Al-Ghazali,  Syaih  Muhammad  Nawawi,  Syarah  Bidayah  Al-Hidayah,  (Semarang  :  Al- Alawiyah,t.th), hlm 88
15   R.  A.  H.Soenarjo,     Al-Qur’an  dan  Terjamahannya,  (Semarang  :  PT.  Kumudasmoro
Grafinda, 1994), hlm. 408
16  Ihya Ulumuddin, Op-Cit,  Hlm. 51





sebagaimana  diungkapkan  nahi  mungkar  kepada  Nabi  Musa  As

dalam surat Al-Kahf;ayat 70



“Jika  engkau  mengikuti  aku  maka  janganlah  bertanya  tentang sesuatu, sehingga aku sendiri yang akan menceritakan kepadamu nanti.”( QS.Al-Kahfi : 70 )17


"Seharusnya    seorang    pelajar    itu,    tunduk    kepada    gurunya, mengharap pahala dan kemuliaan dengan berkhitmat kepadanya"
.18

Seorang    pelajar    hendaknya   mendengarkan    keterangan gurunya,  mengharapkan  pahala  dari  guru  yakni  mengharapkan keridha’an   guru   dengan   tidak   banyak   bertanya   sewaktu   guru kelihatan bosan atau kurang baik.19

Karena kondisi guru kurang enak lebih mempengaruhi cara bicara dan penyampaian seorang guru sehingga percakapan antara keduanya            harus    melihat                   kondisi keduanya                tersebut      seperti ungkapan Hasyim.


“Seorang pelajar supaya sabar atas keras hati (kemarahan) yang keluar  dari  guru/jelek  budi  pekertinya  dan  jangan  mencengah keluar kemarahan tersebut”.
Sebagaimana perkataan Ali R.A. : “Hak dari seorang yang berilmu,  ialah  jangan  engkau  banyak  bertanya!  jangan  engkau paksakan dia menjawab, jangan engkau minta, bila dia malas.20




17  Soenarjo,  Op-Cit, hlm. 454
18  Al-Ghazali, Loc-Cit.
19  Bidayah,Op-Cit, Hlm. 89
20  Al-Ghazali, Loc-Cit.





Kemarahan  seorang  atau  rasa  kurang  enak  kondisi  guru

tersebut  kelihatan  dari  cara  bicara  dan  paras  wajahnya,  maka kondisi seperti itu seorang pelajar harus dapat memahami diri dari bertanya, memberikan solusi apabila lagi mencengah dan melarang guru untuk tidak marah. Seorang guru dimanapun tetap akan ingat tugas   guru   diatas   mempunyai   tujuan   untuk   menghargai   dan menghormati dengan diharapkan mendapat ilmu pengetahuan yang bermanfaat,  karena  seorang  guru  mepunyai  tugas  menyampaikan ilmu.

6.  Jika     Berkunjung     Kepada     guru     harus     menghormati     dan menyampaikan salam terlebih dahulu.21

Menghormati   guru   merupakan   salah   satu   sifat   terpuji bahwa  kewajiban  seorang  pelajar  terhadap  guru  untuk  mencari kerelaan  gurunya  dalam  memberi  ilmunya,  seperti  dalam  kitab adabulalimi wal muta’alim.
22

“Pelajar  hendaknya  duduk  didepan  guru  dengan  sopan  (adab) seperti  pelajar  memenuhi  (meliputi  dan  merapatkan)  pada  kedua lututnya atau pelajar duduk seperti duduk takhiyat”.
7.  Jangan berbicara jika tidak diajak bicara oleh guru.23

Hubungan   antara    murid    dengan   guru    dalam    proses pendidikan  yang  berlangsung  ini  memang  harus  terjalin  dengan baik, tetapi ada batas-batasannya untuk menjaga kesopanan murid terhadap ilmu, dan gurunya.




21Al-Ghazali,  Syaih  Muhammad  Nawawi,  Syarah  Bidayah  Al-Hidayah,  (Semarang  :  Al- Alawiyah,t.th), Hlm. 88
22  Syeih Hasyim Asary, Adabul alimi Wal Muta’alim, (Jombang : Malitabah Turots alislam,
1415),Hlm.34

23  Bidayah, Op-Cit

“dan ketika guru berfikir sesuatu maka pelajar tidak boleh bicara, yaitu seperti aku berbicara   atau seperti ini berpikir bagiku atau seperti fulan berkata”.

Berbicara   di   tengah-tengah   waktu   guru   berbicara   atau berpikir sesuatu itu merupakan tindakan yang kurang tepat, karena akan menghilangkan konsentrasi berpikir guru.

8.  Jangan sekali-kali su’dhan terhadap guru mengenai tindakan yang kelihatannya mungkar                        atau            tidak   diridhai                Allah    menurut pandangan murid, sebab guru lebih mengerti rahasia-rahasia yang terkandung dalam tindakannya.25

Dalam  belajar  murid  tidak  boleh  su’dhan  guru  mengenai tindakan  yang  kelihatan  munkar,  su’dhan  ini  akan  mengkibatkan ilmu  yang  akan  diterima  tidak  sampai,  sebab  su’dhan  merupakan penyakit  hati,  maka  dari  itu  murid tidak boleh su’udhan terhadap gurunya, karena tidak tahu rahasia dibalik itu, seperti yang terjadi dengan  Nabi  Musa  terhadap  Nabi  Khidir,  yang  telah  membunuh anak  kecil.  Oleh  karena  itu  salah  satu  seoran  sufi  melukiskan kewajiban murid terhadap gurunya dalam sajak sebagai berikut:

Engkau laksana mayat terlentang Didepan gurumu terletak membentang Dicuci dibalik laksana batang Janganlah engkau berani menentang Perintahnya jangan engkau elakkan Meskipun haram seakan-akan
Tunduk dan taat diperntahkan

Engkau pasti ia cintakan




24Hasyim As’ari,  Op-Cit, Hlm. 37
25  Bidayah, Op-Cit





Biar semua perbuatannya

Meskipunbrlaianan dengan syara’nya Kebenaran nanti akan nyatanya Bagimu akan jelas putus asa
Pada akhirnya ia terasa

Pada akhirnya jelaslah sudah Tampak padanya secara mudah Kekuasaan Allah tidak tertadah Ilmunya luas tidak termudah.26
9.  Seorang  pelajar  hendahnya  bersabar  dalam  menghadapi  pelajaran

dan konsekuen pada guru.

Sabar  merupakan  kunci  dari  keberhasilan  mencapai  cita- cita,  maka  murid  hendak  bersabar  menghadapi  pelajaran  yang dihadapinya, janganlah kamu sibuk dengan ilmu yang lain sebelum kamu dapat menguasai dengan baik ilmu yang pertama tadi. 27  Hal
ini tercermin pada firman Allah dalam surat kahfi ayat 67-68, yang

mengisahkan  Nabi  Musa  yang  tidak  bersabar  menghadapi  Nabi

Khaidir.

“Engkau   (musa)   tak   sanggup   bersabar   sertaku,   bagaimana
eangkau  bersabar  dalam  persoalan  yang  belum  berpengalaman didalamnya”.( QS. Alkahfi : 67-68)28

Tetapi  Nabi  Musa  tidak  sabar  untuk  menunggu  atau  menghadapi pengalamannya  bersama  Nabi  Khaidir,  selalu  ia  bertanya  sampai Nabi Khaidir berkata:



26  H.Abu  Bakar  Ajheh Pengantar  Sejarah  Sufi  dan  Tasawuf,   (Solo  :  Ramadhani,  1984), Hlm. 309
27  Ahmad Sjalaby, Sejarah Pendidikan Islamt, (Jakarta : Bulan Bintang, 1973), Hlm. 313
28  soenarjo, Op-Cit.




Jika  engkau  mengikuti  aku  maka  janganlah  bertanya  tentang
sesuatu,   sehingga   aku   sendiri   yang   akan   menceritakan   kamu nanti” ( Q.S. Al-Kahfi : 70)29

Sikap    Nabi    Musa    tersebut   mengakibatkan    keduanya terpisah.  Sikap  yang  tidak  sabar  menghadapi  syaihnya  (gurunya), selalu bertanya apa yang diperbuat oleh Nabi Khaidir.
Pola  hubungan  guru  murid  guru  di  atas  masih  cukup  relevan untuk diaplikasikan dalam kegiatan belajar-mengajar dimasa sekarang, karena hubungan tersebut disamping tidak akan membunuh kreativitas guru dan murid, juga dapat mendorong terciptanya akhlak yang mulia dikalangan pelajar khususnya, dan pendidikan lain pada umumnya.
Para ahli pendidikan Islam masa kini juga telah sepakat bahwa: maksud  dari  pengajaran  dan  pendidikan  bukanlah  belum  mengetahui tetapi         maksudnya      adalah            mendidik       akhlak    dan             jiwa        mereka, menanamka rasa   fadhillah   (keutamaan),   mempersiapkan   mereka untuk sesuatu kehidupan yang suci seluruhnya ikhlas dan jujur. 30
Jika hubungan antara anak dan orang tua, murid dan gurunya,

tidak  terjadi  atau  jarang,  maka  kemungkinan  besar  pengajaran  dan tujuan  pendidikan  tidak  akan  berhasil.  Dengan  inilah  para  orang  tua dan pendidik harus memperhatikan dengan seksama sarana-sarana dan cara yang positif agar ia mencintai anak-anak dan anak-anak mencintai mereka, saling membantu dan berkasih sayang sesamanya.
Dan  apabila  adab  murid  tersebut  ada  dalam  diri  murid  maka dia  akan  mencapai  apa  yang  dicita-citakan,  tetapi  apabila  dalam hatinya tidak ada, maka ia tidak akan berhasil meskipun kelihatannya
berhasil, hal ini dapat dilihat pada tingkah lakunya sehari-hari.





29  Soenarjo, Op-Cit.
30  M.Athiyah al-Abrasy, Dasar-dasar Pokok pendidikan Islam, Alih Bahasa Bustami A.Gani dan Djohar Bahri (Jakrta : Bulan Bintang , 1993), Cet I, Hlm. 1











C.  Relevansinya Adab Murid Terhadap Guru Dengan Pembentukan
Kepribadian Muslim

Adab   atau   akhlak   merupaka suatu   keadaan   jiwa   yang menyebabkan  jiwa  bertindak  tanpa  dipikirkan  atau  dipertimbangkan secara mendalam, keadaan ini ada dua macam, yaitu pertama; alamiah dan  bertolak  dari  watak  dan  yang  kedua  adalah  tercipta  melalui kebiasaan   dan   latihan,   pada   mulanya   keadaan   ini   terjadi   karena dipertimbangkan  dan  dipikirkan,  namun  kemudian  melalui  praktek terus menerus menjadi karakter.31

Murid   adalah   makhluk   yang   sedang   berada   dalam   proses perkembangan  dan  pertumbuhan  menurut  fitrahnya  masing-masing. Mereka  memerlukan  bimbingan  dan  pengarahan  yang  konsentrasi menuju kearah titik optimal kemampuan fitrahnya.32  Karena menuntut ilmu  adalah  ibadah,  maka  murid  hendaknya  dapat  mendekatkan  diri kepada  Allah  dengan  membersihkan  kotoran-kotoran  jiwa  dan  hiasi dengan  akhlak  yang  terpuji,  lebih  utam murid  itu  dalam  menuntut
ilmu  dengan  seorang  syaih,  dan  syaih  tersebut  hendaknya  dihormati dan  ditaati  segala  perintahnya  atau  nasehatnya  sebagaimana  seorang yang  sedang  sakit  mentaati  perintah  atau  nasehat  seorang  dokter.33
Hendaknya  murid  juga  memperhatikan  tugas  dan  tanggung  jawanya terhadap      gurunya,                 yakni         dalam   berhubungan                 dengan   gurunya hendaknya ada sopan santunnya, karena hal ini merupakan salah satu
syarat  yang  hendak  dimiliki  oleh  murid  dalam  menuntut  ilmu  dan




Hlm. 56


31  Abu Ali Ahmad Al-Miskawaih,  Menuju Kesempurnaan Akhlak, (Bandung : Mizan, 1994),

32  Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos, 1990), Cet I, Hlm. 79
33  Al-Ghzali, Mizanul ‘Amal, (Tuban : Majlis Al-Mu’allifin walkhathathin, t.th), Hlm.104







diaplikasikan   dalam   kehidupannya   sehari-hari   baik   dalam   kelas

maupun diluar kelas.

Hal ini dapat dilihat murid yang memiliki adab terhadap guru berbeda dengan murid yang tidak memilikinya. Murid yang memiliki adab, tingkah laku keseharian cenderung mengarah pada syari’at atau norma-norma  sosial,  misalnya murid      yang    hormat dan                         sabar mendengarkan  penjelasan  guru,  dalam  jiwa  murid  akan  tumbuh  dan tertanam  sikap  hormat  kepada  orang  tuanya  dan  sabar  menghadapi segala persoalan yang dihadapinya, dan sikap penuh perhatian dalam mendengarkan  nasehat  orang  tua,  berbeda  dengan  murid  yang  tidak memiliki  adab  terhadap  guru.  Sikapnya  cenderung  menyimpang  dari pada ajaran-ajaran syari’at misalnya murid yang tidak bersikap rendah hati   (tawaduk)   terhadap   gurunya   dan   ilmunya,   maka   sikapnya cenderung sombong terhadapa siapa saja yang ada dihadapannya.
Adab   murid   terhadap   gurunya   ini   salah   satu   faktor   dari keberhasilan   pendidikan   disamping   masih   ada   faktor   lain   yang mendukung  keberhasilan  pendidikan.  Dan  adab  murid  terhadap  guru ini telah dijelaskan di atas.
Dengan adanya kerja sama antara murid dan guru, maka tujuan dari  pendidikan  ini  akan  tercapai,  di  mana  murid  mendapatkan  ilmu pengetahuan dan guru dapat mengamalkan ilmu pengetahuannya.
Dan  tujuan  dari  pendidikan  adalah  membentuk,  menciptakan manusia   yang   berkepribadian   muslim Kepribadian   adalah   suatu keadaan  jiwa  yang  dapat  merealisasikan  tingkah  laku  yang  sesuai dengan aturan-aturan syara’. Dan untuk membentuk suatu kepribadian muslim  pada  anak  ini  tidaklah  mudah  seperti  membalikkan  tangan, tetapi  harus  melalui  beberapa  tahap  dan  metode.  Dan  juga  harus memperhatikan   faktor-faktor   yang   mempengaruhinya,   faktor   yang
mempengaruhi  ini  ada  dua  yaitu  bawaan  (keluarga)  dan  lingkungan,





dan  yang  paling  utama  dan  dapat  mempengaruhi  kehidupan  anak

dimasa  dewasanya  nanti  adalah  faktor  bawaan  (keluarga).  Dan  tidak kalah   pentingnya   yang   mempengaruhi   kepribadian   muslim   anak adalah faktor lingkungan seperti hubungannya terhadap gurunya, dan terhadap sesama murid di dalam kelas atau sekolah. Untuk membentuk kepribadian muslim anak ini dapat menggunakan metode pembiasaan.
Jika  anak  yang  masih  suci  ini  bagaikan  batu  permata  yang masih  polos,  belum  diukur  dan  belum  dibentuk.  Karena  itu,  dengan mudah   saja   ia   menerim segala   bentuk   rekayasa   yang   ditujukan kepadanya, dan memiliki kecenderungan yang dibiasakan kepadanya. Jika  baik,  ia  akan  tumbuh  dewasa  dalam  keadaan  yang  baik  dan
bahagia, dalam kehidupannya di dunia maupun di akhirat. 34

Pada   taraf   pembiasaan   anak   diharapkan   mengkondisikan dengan ketentuan-ketentuan agama, dan norma-norma sosial, sebagai contoh murid yang memberi salam kepada gurunya dan temannya jika bertemu di tengah jalan, dari pembiasaan tersebut akan memberi suatu pendidikan rasa persaudaraan terhadap sesamanya.
Tujuan  utama  dari  pembiasaan  adalah  penanaman  kecakapan berbuat  dan  mengucapkan  sesuatu,  agar  cara-cara  yang  tepat  dapat dikuasai  oleh  siterdidik.  Pembiasaan  ini  sebagai  dasar  dalam  upaya stabilitasi  kepribadian  yang  harus  bersifat  konstan  dan  kontinu  tidak boleh terjadinya pemberhentian karena akan menyebabkan instabilitas
terhadap kepribadian yang luhur, Musthufa Al-Ghulaiyani











34  Al-Ghazali , Mengobati Penyakit hati : Membentuk Akhlak Mulia, Penejr. Muhammad Al- Baqir (Bandung : Karisma, 2001),Cet. IX, Hlm. 103



“Jika  kamu  biasakan  akhlak  mulia  yang  mengangkat  keadaannya
mereka  (anak-anak)  akan  memperoleh  ilmu  yang  bermanfaat  bagi tanah airnya”

Dengan  demikian  hubungan  antara  adab  murid  terhadap  guru menunjukkan                                  tonggak-tonggak      perkembangan    yang    benar-benar mempunyai                       keterkaitan    (link)    dan    peran    dalam    pembentukan kepribadian Muslim. Hal ini dapat dilihat sebagai berikut :

1.   Murid  yang  selalu  sabar  dan  tabah  dalam  menghadapi  semua pelajara, maka dalam jiwa murid tersebut akan tertanam jiwa yang sabar   dan   tabah   dalam   menghadapi   segala   persolannya   yang dihadapinya.

2.   Murid yang hormat dan taat pada perintah dan nasehat guru, dalam jiwanya  akan  tertanam  rasa  hormat  kepada  orang  tua  dan  orang yang lebih tua darinya.

3.   Murid  yang  tidak  banyak  bertanya  dan  berbicara  ketika  guru sedang  menerangkan  atau  menjelaskan  pelajaran,  dalam  jiwanya pun akan tertanam tidak banyak bicara hal-hal yang tidak berguna, dan apabila tidak diajak bicara dia tidak asal jawab.
4.   Murid tidak su’dhan terhadap perbuatan guru, dalam jiwanya akn tertanam tidak berburuk sangka pada perbuatan orang lain.






35  Musthofa Al-Ghulaiyani, Idhoun Nasy’in,  Maktabah al-Inayah, 1953), Hlm.188





5.   Murid  yang  selalu  memberi  salam  kepada  gurunya  ketika  ia

bertem dijalan,   maka   dalam   jiwa   anak   akan   tumbuh   rasa persaudaraan, dan selalu memberi salam terlebih dahulu apabila ia masuk rumah.

6.   Murid  yang  tidak  sombong  terhadap  guru  dan  ilmunya,  dalam jiwa murid akan tumbuh sikap rendah hati pada orang lain.

IV.      KESIMPULAN

1.   Adab   haruslah   dimilik setiap   individu   dem jalinan   hubungan sosialnya berjalan dengan baik. Begitu juga dalam proses pendidikan. Seorang   murid   hendaklah   memikili   adab   terhadap   guru,   maupun temannya. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh al-Ghazali, seorang murid  menuntut  ilmu  hendaknya  melalui  seorang  syeh  (guru),  dan supaya   ilmu   pengetahuan   yang   akan   didapat,   melekat   dalm   hati hendaklah murid itu membersihkan hatinya dan memuliakan gurunya baik dalam proses pendidikan maupun diluar proses pendidikan.
2.   Anak   lahir   di   dunia   dalam   keadaan   lemah   tak   berdaya   namun demikian ia telah membawa fitrah (potensi). Maka anak memerlukan pendidikan  yang  dapat  membantu  mengembangkan  potensi  yang  ada dalam  dirinya  sesuai  dengan  potensi  dalam  jiwanya.  Inti  pendidikan adalah  supaya  anak  memiliki  kepribadian  muslim  yang  sejati  dan melekat  dalam  hati  kemudian  diaplikasikan  dalam  kesehariannya. Untuk  itu  anak  memerlukan  bimbingan  yang  benar  dan  tepat.  Dan setiap pribadi ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor bawaan dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan ini akan memberi pengaruh pada pembentukan  kepribadian  muslim  anak,  seperti  dalam  lingkungan sekolah (tingkah laku anak terhadap gurunya maupun temannya). Dari
sinilah  dapat  dilihat  bahwa  tingkah  laku  anak  pada  gurunya  maupun





temannya   ini   mempunyai   peranan   tersendiri   dalam   pembentukan

kepribadian muslima anak.



V.        PENUTUP


Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah   ini.   Penulis   sadar   sepenuhnya   tulisan   ini   masih   jauh   dari kesempurnaan,   untuk   itu   kritik   da saran   yang   bersifat   membangun sangatlah penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini.



DAFTAPUSTAKA


Al-Ghazali    Mengobati   Penyakit   hati    Membentuk   Akhlak   Mulia,   Penejr.
Muhammad Al-Baqir (Bandung : Karisma, 2001),Cet. IX

--------------, Ihya Ulumuddin I, (Indonesia : Toha Putra, t.th)

--------------,  Syaih  Muhammad  Nawawi,  Syarah  Bidayah  Al-Hidayah,  (Semarang  :
Al-Alawiyah,t.th)

-------------, Mizanul Amal, (Tuban: Majlis Al-Mu’allifin walkhathathin, t.th)

Al-Ghulaiyani, Musthofa, ‘Idhoun Nasy’in,  Maktabah al-Inayah, 1953)

Al-Miskawaih,Abu  Ali  Ahmad,  Menuju  Kesempurnaan  Akhlak,  (Bandung  :  Mizan,
1994)

As’ary, Hasyim, Syeih, Adabul ‘alimi Wal Muta’alim, (Jombang : Malitabah Turots alislam, 1415)

Az-Zarnuji,     Syaih,     Penj:     Noor     Anfa     Shiddiq,Terjemah     Ta’limMutalim, (Surabaya:Al-Hidayah, t.th)

Ajheh,   H.Abu  Bakar,  Pengantar  Sejarah  Sufi  dan  Tasawuf,    (Solo  :  Ramadhani,
1984)

al-Abrasy,  M.Athiyah,  Dasar-dasar  Pokok  pendidikan  Islam,  Alih  Bahasa  Bustami
A.Gani dan Djohar Bahri (Jakrta : Bulan Bintang , 1993), Cet I Brugacher, John, Modern philosiphis of education, (New Delni : Td)
Darazat, Zakiyah, Ilmu Jiwa agama, (Jakarta : P.T. Bulan Bintang, 1996), Cet XII





Departeman Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Bahasa Arab Indonesia, (Semarang
: Balai Pustaka, 1990), Cet III

Fakultas  Tarbiyah  IAIN  Wali  Songo,  Jurnal  Ilmu  Pendidikan  dan  Islam”,  Media
(Semarang: Edisi 29/ Agustus/Th VII/ 1998) Fikri, Ali, Adabu Fataat, (Bairut Libanan : Darul kutub, t.th)
Imam Abi Bakar Ahmad bin Husain al-Baihaqi, Syuabul iamn Juz II, (Beirut Libanon
; Dar al-Kutub al-Ilmiah, 1990)

---------------,   Peersepektif   Islam   Tentang   pola   Hubungan   Guru-   Murid   (Studi
Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali), (Jakarta ; Grafindo Persada, 2001) Sjalabi, Ahmad, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta : Bulan Bintang, 1973).

Thomas, Frey, Sir Gord,  A Modern Philosophy of Education, (London : 1957) Yunus, Muhammad, Kamus Arab Indonesia, (Jakarta : Haida Karya Agung, 1990)

0 komentar: