MENU BLOG

Sunday 9 November 2014

Panduan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) STAIH PARE



PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
STAI HASANUDDIN PARE
DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH BADAS
 
PANDUAN KEGIATAN

A.     LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah salah satu aspek penting bagi pembangunan bangsa. Pendidikan merupakan investigasi jangka panjang yang memerlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa, oleh karena itu hampir semua bangsa menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama dalam program pembangunan nasional. Berhubungan dengan program pembangunan nasional dimana madrasah merupakan lembaga pendidikan yang berhubungan dengan kemajuan IPTEK dan IMTAQ serta bertujuan meningkatkan kualitasi manusia, sebagaimana yang telah tertera dalam pembukaan Undang-undang yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang tujuannya diharapkan seluruh masyarakat Indonesia memiliki SDM yang berkwalitas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan melihat tujuan pendidikan nasional di atas pentingnya peningkatan kwalitas sumber daya yang ada di dalam madrasah sebagai lembaga pendidikan sangat diharapkan hal ini akan tercapai apabila tenaga pengajar dan seluruh perangkat madrasah  dapat bekerjasama dalam membangun madrasah khususnya dunia pendidikan seorang pengajar atau pendidik selalu dibekali ilmu pengetahuan dan pengalaman yang bermutu, salah satu ilmu yang dimiliki seorang guru adalah bagaimana cara mengelolah kelas sehingga akan tercapai iklim atau suasana belajar yang kondusif.
Bertolak dari hal diatas seorang calon guru perlu dibekali ilmu dan keterampilan yang berkwalitas. Untuk mewujudkan harapan di atas maka perlu dilaksanakan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sehingga calon guru mempunyai ilmu pengetahuan dan pengalaman yang matang sebelum ia terjun ke masyarakat.
Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan saat ini pemerintah dan madrasah gencar melakukan terobosan dan peningkatan sumber daya manusia  yang berkwalitas, sehingga dengan melihat sumber daya yang terdapat di MA AL-FATAH Badas dari generasi ke generasi telah membuktikan adanya kemajuan dengan kwalitas pengajaran yang kreatif mampu mengelolah kelas dengan baik dan proses belajar pun akan terlaksana dengan baik. Melihat fasilitas yang diberikan oleh madrasah sudah sangat mendukung proses belajar mengajar.

B.     NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini kami beri nama “ PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) STAI Hasanuddin Pare Tahun 2013 di Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas Kabupaten Kediri “.

C.     VISI DAN MISI
1.         VISI
Adapun Visi kami dalam melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas adalah sebagai berikut: 
Mengembangkan seluruh potensi yang ada di Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas Khususnya dibidang Keagamaan
2.    MISI
Ø Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT.
Ø Mengoptimalkan seluruh kegiatan keagamaan
Ø Melestarikan kegiatan keagamaan yang telah berjalan

D.    TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dari pada diadakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut :
a)    Mensyukuri nikmat dan karunia Alloh SWT
b)    Sebagai wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi
c)    Menjalin tali silaturrahim
d)    Menciptakan kerukunan dan keharmonisan

E.     PESERTA PPL
Peserta pada pelaksanaan PPL di Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas sebagaimana terlampir.

F.      WAKTU DAN TEMPAT PPL
Adapun Waktu dan tempat kami melakuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai berikut :
Tanggal     : 01 Oktober s/d 30 November 2013
Tempat      : Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas

G.    JADWAL KEGIATAN
Jadwal kegiatan pada pelaksanaan PPL ini sebagaimana terlampir. (Menyesuaikan dengan jadwal yang telah terlaksana di MadrasahAliyah AL-FATAH Badas).

H.    GAMBARAN UMUM
a)   Kondisi Fisik Madrasah
MA AL-FATAH Badas terletak di kecamatan Badas kabupaten Kediri. berlokasi di sebelah Utara Kecamatan Pare, dan merupakan Madrasah Aliyah pertama yang berada di wilayah kecamatan Badas. Madrasah Kejuruhan yang didirikan pada tahun 1984 ini sudah memiliki konstruksi bangunan yang lengkap yaitu:1 ruang Kantor Kepala madrasah dan ruang guru sekaligus sebagai Ruang TU (Tata Usaha), Gedung kelas Utama terdiri dari 6 kelas, perpustakaan, musholla dan lainnya.

b)   Sejarah  Madrasah
MA Al Fatah yang terletak di Desa Badas Kecamatan Pare (sekarang Badas), kurang lebih 8 km sebelah utara dari Ibu kota Kecamatan Pare adalah salah satu unit yang berada dibawah naunganYayasan Pendidikan Al Fatah. MA Al Fatah secara resmi didirikan pada tanggal 1 Agustus 1984, dengan Piagam Madrasah dari Departemen Agama Republik Indonesia Nomor : W.m.06.02/372/3-C/Ket./1987.
Gagasan untuk mendirikan MA Al Fatah Badas dilatar belakangi oleh niat ruhul jihad dan ikhlas berjuang di jalan Allah SWT.Untuk mencapai terwujudnya kesempurnaan pendidikan formal yang berbasis keagamaan dalam rangka menciptakan kader-kader muslim yang handal, bertanggung jawab pada bangsa, agama, dan negara. Mengingat Madrasah Aliyah merupakan satu-satunya sekolah menengah atas yang berciri khas islam, maka diwujudkanlah niat baik tersebut dengan berbagai pertimbangan antara  lain:
1.    Letak Desa Badas sangat strategis dan potensial,  jauh dari  ibu kota kecamatan; 
2.    Mayoritas penduduknya beragama Islam; 
3.    Untuk memberikan pendidikan lanjutan dari siswa MTs Al Fatah; 
4.    Keberadaan SLTP dan MTs yang ada di sekitar Desa Badas; dan 
5.    Belum adanya madrasah aliyah di wilayah Pare utara.
Walaupun memang ada beberapa hal yang menghantui pada pendiri saat itu yang antara lain :
1.    Bagaimana cara mencari dana untuk mendirikan sebuah madrasah aliyah; 
2.    Bagaimana mencari tenaga pendidik yang berkelayakan; 
3.    Bagaimana mengelola sebuah madrasah aliyah; dan lain sebagainya.

Pada akhirnya niat baik tersebut pada tanggal 17 Juli 1984 dibentuklah suatu panitia kecil yang bertugas untuk merintis pendirian Madrasah Aliyah Al Fatah, yang beranggotakan:
1 .
Pelindung
:
1. KH. Ikhsan
2. H. Iskandar
2 .
Sekrtaris
:
M. Thoha Hamid
3 .
Bendahara
:
Abu Amar
4 .
Anggota
:
1. Fuad Mahsun
2. Imam Nawawi
3. Moh. Bashorie
4. Miftahul Huda
5. Saifulloh
6. Ismail
7. Mujiono
8. Isma'i
9. Rosyidin
Setelah terbentuk panitia, maka seluruh anggota inilah yang bertanggung jawab atas pendirian MA Al Fatah Badas pada tanggal 1 Agustus 1984. Untuk proses belajar mengajar sementara menggunakan lokal MTs Al Fatah dan berlangsung di sore hari. Kegiatan belajar mengajar di sore hari ini berjalan kurang lebih 3 tahun sambil menunggu gedung MTs yang baru. Pada tahun 1987 KBM MA Al Fatah dilaksanakan di pagi hari.

I.       MEKANISME PELAKSANAAN
a)   Pola Koordinasi
Demi kelancaran dan tercapainya program kerja yang maksimal maka diperlukan wadah koordinatif dengan semua pihak agar dapat terlaksana dengan baik. Adapun susunan organisasi pelaksanaan PPL di MA AL-FATAH Badas adalah sebagai berikut:
Pelindung   : Ketua STAI Hasanuddin Pare Kediri
                               BP PPL STAI Hasanuddin Pare Kediri
Penasehat : Kepala Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas
   Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
Ketua                    : Mohammad Latif Qohari
Wakil Ketua          : Mohamad Sokip
Sekretaris : Mufina Nur Rizki
Bendahara             : Ratna Vironika
Anggota                : Mohamad Nurkholis
                               Ahmad Muzaki
b)      Pihak-pihak yang terlibat
a.       Bapak dan Ibu guru beserta staf MA AL-FATAH Badas
b.      Siswa-Siswi Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas.

c)      Jadwal Kegiatan Kolektif
Rencana program kerja ini dilaksanakan dalam waktu efektif selama dua bulan terhitung mulai tanggal 01 Oktober 2013 s/d 30 Nopember 2013, yang diawali dengan Serah terima mahasiswa PPL, penyusunan buku panduan PPL di MA AL-FATAH Badas dan penyusunan Perangkat Pembelajaran dalam waktu 7 hari.

d)      Anggaran Biaya
a.      Pemasukan
a)        Dari Kampus                                                                          =Rp.       0
b)        Iuran peserta PPL                                                                   =Rp.    300.000 +
Jumlah                                                                                    =Rp.    300.000

b.      Pengeluaran
a)      Administrasi                                                                              =Rp.       50.000
b)      Kegiatan                                                                                   =Rp.       50.000
c)      Transportasi                                                                              =Rp.      100.000
d)      Lain-lain                                                                                   =Rp.      100.000 +
Jumlah                                                                                    =Rp.       300.000

















K.    PENUTUP
Demikianlah Buku Panduan Pelaksanaan PPL STAI Hasanuddin Pare Tahun 2013 di Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas. Besar harapan kami semoga kegiatan ini dapat terlaksana sesuai harapan, sehingga mempunyai manfaat kepada peserta PPL khususnya dan seluruh keluarga besar Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas pada umumnya serta mampu mewujudkan visi dan misi PPL STAI Hasanuddin Pare di Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas yakni “Mengembangkan seluruh potensi yang ada di Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas Khususnya dibidang Keagamaan “. Aminn.
  

Ketua



MOHAMMAD LATIF QOHARI






Badas,  01 Oktober 2013
Sekretaris



MUFINA NUR RIZKI


Mengetahui,

Kepala Madrasah Aliyah
AL-FATAH Badas



MOHAMMAD MUNIB, S. Ag.


Dosen Pembimbing Lapangan



MOHAMAD BASORI, M.Pd.



0 komentar: