PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
STAI HASANUDDIN PARE
DI
MADRASAH ALIYAH AL-FATAH BADAS
PANDUAN
KEGIATAN
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah salah satu aspek
penting bagi pembangunan bangsa. Pendidikan merupakan investigasi jangka
panjang yang memerlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh
semua orang atau suatu bangsa, oleh karena itu hampir semua bangsa menempatkan
pendidikan sebagai prioritas utama dalam program pembangunan nasional.
Berhubungan dengan program pembangunan nasional dimana madrasah merupakan
lembaga pendidikan yang berhubungan dengan kemajuan IPTEK dan IMTAQ serta
bertujuan meningkatkan kualitasi manusia, sebagaimana yang telah tertera dalam
pembukaan Undang-undang yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang tujuannya
diharapkan seluruh masyarakat Indonesia memiliki SDM yang berkwalitas dalam
ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan melihat tujuan pendidikan
nasional di atas pentingnya peningkatan kwalitas sumber daya yang ada di dalam madrasah
sebagai lembaga pendidikan sangat diharapkan hal ini akan tercapai apabila
tenaga pengajar dan seluruh perangkat madrasah dapat bekerjasama dalam
membangun madrasah khususnya dunia pendidikan seorang pengajar atau pendidik
selalu dibekali ilmu pengetahuan dan pengalaman yang bermutu, salah satu ilmu
yang dimiliki seorang guru adalah bagaimana cara mengelolah kelas sehingga akan
tercapai iklim atau suasana belajar yang kondusif.
Bertolak dari hal diatas seorang
calon guru perlu dibekali ilmu dan keterampilan yang berkwalitas. Untuk
mewujudkan harapan di atas maka perlu dilaksanakan program Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL) sehingga calon guru mempunyai ilmu pengetahuan dan pengalaman
yang matang sebelum ia terjun ke masyarakat.
Dalam
rangka peningkatan mutu pendidikan saat ini pemerintah dan madrasah gencar
melakukan terobosan dan peningkatan sumber daya manusia yang berkwalitas,
sehingga dengan melihat sumber daya yang terdapat di MA AL-FATAH Badas dari
generasi ke generasi telah membuktikan adanya kemajuan dengan kwalitas
pengajaran yang kreatif mampu mengelolah kelas dengan baik dan proses belajar
pun akan terlaksana dengan baik. Melihat fasilitas yang diberikan oleh madrasah
sudah sangat mendukung proses belajar mengajar.
B. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini
kami beri nama “ PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) STAI Hasanuddin Pare
Tahun 2013 di Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas Kabupaten Kediri “.
C. VISI DAN MISI
1.
VISI
Adapun Visi kami dalam melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Madrasah
Aliyah AL-FATAH Badas adalah sebagai berikut:
“Mengembangkan seluruh potensi
yang ada di Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas Khususnya dibidang Keagamaan”
2.
MISI
Ø Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT.
Ø Mengoptimalkan seluruh kegiatan keagamaan
Ø Melestarikan kegiatan keagamaan yang telah berjalan
D. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan
dari pada diadakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut :
a) Mensyukuri nikmat
dan karunia Alloh SWT
b) Sebagai wujud dari
Tridharma Perguruan Tinggi
c) Menjalin tali
silaturrahim
d) Menciptakan
kerukunan dan keharmonisan
E. PESERTA PPL
Peserta
pada pelaksanaan PPL di Madrasah Aliyah
AL-FATAH Badas sebagaimana terlampir.
F. WAKTU DAN TEMPAT PPL
Adapun Waktu dan
tempat kami melakuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai berikut :
Tanggal : 01 Oktober s/d 30 November 2013
Tempat : Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas
G. JADWAL KEGIATAN
Jadwal kegiatan
pada pelaksanaan PPL ini sebagaimana terlampir. (Menyesuaikan dengan jadwal yang telah terlaksana
di MadrasahAliyah AL-FATAH Badas).
H. GAMBARAN UMUM
a)
Kondisi Fisik Madrasah
MA AL-FATAH Badas terletak di
kecamatan Badas kabupaten Kediri. berlokasi di sebelah Utara Kecamatan Pare,
dan merupakan Madrasah Aliyah pertama yang berada di wilayah kecamatan Badas. Madrasah
Kejuruhan yang didirikan pada tahun 1984 ini sudah memiliki konstruksi bangunan
yang lengkap yaitu:1 ruang Kantor Kepala madrasah dan ruang guru sekaligus
sebagai Ruang TU (Tata Usaha), Gedung kelas Utama terdiri dari 6 kelas,
perpustakaan, musholla dan lainnya.
b)
Sejarah Madrasah
MA Al
Fatah yang terletak di Desa Badas Kecamatan Pare (sekarang Badas), kurang lebih
8 km sebelah utara dari Ibu kota Kecamatan Pare adalah salah satu unit yang
berada dibawah naunganYayasan Pendidikan Al Fatah. MA Al Fatah secara resmi didirikan
pada tanggal 1 Agustus 1984, dengan Piagam Madrasah dari Departemen Agama
Republik Indonesia Nomor : W.m.06.02/372/3-C/Ket./1987.
Gagasan untuk
mendirikan MA Al Fatah Badas dilatar belakangi oleh niat ruhul jihad dan ikhlas
berjuang di jalan Allah SWT.Untuk mencapai terwujudnya kesempurnaan pendidikan
formal yang berbasis keagamaan dalam rangka menciptakan kader-kader muslim yang
handal, bertanggung jawab pada bangsa, agama, dan negara. Mengingat Madrasah
Aliyah merupakan satu-satunya sekolah menengah atas yang berciri khas islam,
maka diwujudkanlah niat baik tersebut dengan berbagai pertimbangan antara lain:
1. Letak Desa Badas sangat strategis dan
potensial, jauh dari ibu kota kecamatan;
2. Mayoritas penduduknya beragama
Islam;
3. Untuk memberikan pendidikan lanjutan
dari siswa MTs Al Fatah;
4. Keberadaan SLTP dan MTs yang ada di
sekitar Desa Badas; dan
5. Belum adanya madrasah aliyah di
wilayah Pare utara.
Walaupun memang
ada beberapa hal yang menghantui pada pendiri saat itu yang antara lain :
1. Bagaimana cara mencari dana untuk mendirikan
sebuah madrasah aliyah;
2. Bagaimana mencari tenaga pendidik
yang berkelayakan;
3. Bagaimana mengelola sebuah madrasah
aliyah; dan lain sebagainya.
Pada akhirnya
niat baik tersebut pada tanggal 17 Juli 1984 dibentuklah suatu panitia kecil
yang bertugas untuk merintis pendirian Madrasah Aliyah Al Fatah, yang
beranggotakan:
1 .
|
Pelindung
|
:
|
1. KH. Ikhsan
|
2. H. Iskandar
|
|||
2 .
|
Sekrtaris
|
:
|
M. Thoha Hamid
|
3 .
|
Bendahara
|
:
|
Abu Amar
|
4 .
|
Anggota
|
:
|
1. Fuad Mahsun
|
2. Imam Nawawi
|
|||
3. Moh. Bashorie
|
|||
4. Miftahul Huda
|
|||
5. Saifulloh
|
|||
6. Ismail
|
|||
7. Mujiono
|
|||
8. Isma'i
|
|||
9. Rosyidin
|
Setelah terbentuk
panitia, maka seluruh anggota inilah yang bertanggung jawab atas pendirian MA
Al Fatah Badas pada tanggal 1 Agustus 1984. Untuk proses belajar mengajar sementara
menggunakan lokal MTs Al Fatah dan berlangsung di sore hari. Kegiatan belajar mengajar
di sore hari ini berjalan kurang lebih 3 tahun sambil menunggu gedung MTs yang
baru. Pada tahun 1987 KBM MA Al Fatah dilaksanakan di pagi hari.
I.
MEKANISME
PELAKSANAAN
a)
Pola
Koordinasi
Demi kelancaran dan tercapainya program kerja yang maksimal maka diperlukan
wadah koordinatif dengan semua pihak agar dapat terlaksana dengan baik. Adapun
susunan organisasi pelaksanaan PPL di MA AL-FATAH Badas adalah sebagai berikut:
Pelindung : Ketua STAI Hasanuddin Pare Kediri
BP PPL STAI Hasanuddin Pare Kediri
Penasehat : Kepala Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas
Dosen
Pembimbing Lapangan (DPL)
Ketua : Mohammad
Latif Qohari
Wakil Ketua : Mohamad
Sokip
Sekretaris : Mufina Nur
Rizki
Bendahara : Ratna
Vironika
Anggota : Mohamad
Nurkholis
Ahmad Muzaki
b)
Pihak-pihak yang terlibat
a.
Bapak dan Ibu guru beserta staf MA AL-FATAH Badas
b.
Siswa-Siswi Madrasah Aliyah AL-FATAH
Badas.
c)
Jadwal
Kegiatan Kolektif
Rencana program kerja ini dilaksanakan dalam waktu
efektif selama dua bulan terhitung
mulai tanggal 01 Oktober 2013 s/d 30 Nopember 2013, yang diawali dengan Serah terima mahasiswa PPL, penyusunan buku panduan PPL di MA AL-FATAH Badas dan penyusunan Perangkat Pembelajaran dalam waktu 7 hari.
d)
Anggaran
Biaya
a.
Pemasukan
a)
Dari Kampus =Rp. 0
b)
Iuran peserta PPL =Rp. 300.000 +
Jumlah =Rp. 300.000
b.
Pengeluaran
a)
Administrasi =Rp. 50.000
b)
Kegiatan =Rp. 50.000
c)
Transportasi =Rp. 100.000
d)
Lain-lain =Rp. 100.000 +
Jumlah =Rp. 300.000
K.
PENUTUP
Demikianlah
Buku Panduan Pelaksanaan PPL STAI Hasanuddin Pare Tahun 2013 di Madrasah Aliyah
AL-FATAH Badas. Besar harapan kami semoga kegiatan ini dapat terlaksana sesuai
harapan, sehingga mempunyai manfaat kepada peserta PPL khususnya dan seluruh keluarga
besar Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas pada
umumnya serta mampu mewujudkan visi dan misi PPL STAI Hasanuddin Pare di Madrasah
Aliyah AL-FATAH Badas yakni “Mengembangkan
seluruh potensi yang ada di Madrasah Aliyah AL-FATAH Badas Khususnya dibidang
Keagamaan “. Aminn.
Ketua
MOHAMMAD LATIF QOHARI
|
|
Badas, 01 Oktober 2013
Sekretaris
MUFINA NUR RIZKI
|
|
Mengetahui,
|
|
Kepala Madrasah
Aliyah
AL-FATAH Badas
MOHAMMAD MUNIB, S. Ag.
|
|
Dosen Pembimbing
Lapangan
MOHAMAD
BASORI, M.Pd.
|
0 komentar:
Post a Comment