MENU BLOG

Saturday 4 October 2014

Pengertian Filsafat (Falsafah)

Memahami Filsafat berarti memahami tentang diri sendiri, alam sekitar dan Tuhan. Filsafat dapat digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan kehidupan sehari-hari karena Ilmu Filsafat merupakan Ilmu yang mempelajari segala sesuatu tidak dari lahirnya saja melainkan juga dari segi hakikatnya.
Melalui pendidikan Ilmu Filsafat, seseorang diharapkan dapat mengetahui hakikat dirinya, Alam sekitar dan Tuhan. Mengapa manusia di cipta, apa tujuan kehidupan, mengapa alam sekitar ini ada dan kemana aras kehidupan ini bermuara.
Oleh karena itu saya menyusun makalah ini, selain sebagai tugas dari mata kuliah “ Filsafat Umum”, juga untuk mempermudah dalam memahami tentang pengertian Filsafat. Adapun dalam proses penyusunannya, makalah ini tidak terlepas dari kekurangan-kekurangan dari isi materi. Semoga makalah ini dapat membawa manfaat bagi saya sendiri juga bagi pembaca sekalian. Amiiin..

2. PENGERTIAN FILSAFAT
Jika kita berbicara atau mempelajari tentang pengertian filsafat, Maka kita akan menjumpai definisi filsafat yang berbeda-beda yang telah dikemukakan oleh para ahli filsafat. Adanya perbedaan tersebut memang tidak mustahil, karena lingkungan pembahasan ilmu filsafat sangat luas, sehingga perbedaan pendapat dalam memberi definisi filsafat pun berbeda-beda. Pada dasarnya, perbedaan tersebut memiliki maksud dan tujuan yang sama, Yaitu tentang pengertian Filsafat.
Sekedar mengingat saja, bahwa secara Etimilogi ( Asal usul kata ) Filsafat berasal dari bahasa Yunani. Yaitu : Philein/Philo yang artinya Cinta dan Sophos/ Sophia yang berarti Kebijaksanan atau Kebenaran.  Kemudian kedua kata tersebut digabungkan menjadi Philosopi ( Filsafat ) yang berarti Cinta Kebijaksanaan atau Cinta Kebenaran.
Dari Etimilogi ( Asal usul kata ) filsafat tersebut, saya dapat menemukan definisi Filsafat yang mungkin juga tidak jauh berbeda dengan definisi yang di kemukakan oleh para Filosuf yang lain. Akan tetapi tetap bermuara pada tujuan dan maksud yang sama. Adapun definisi Filsafat yang dapat saya simpulkan adalah sebagai berikut :
1.      Filsafat Berarti Cinta Kebijaksanaan
Maksudnya, Filsafat adalah suatu usaha seseorang untuk menjadi orang yang bijaksana dengan berenang menyelami samudra alam fikiran untuk mencari arti hakiki ( makna sebenarnya ) dari segala sesuatu, Hasil pemikiran tersebutlah yang dimaksud dengan Filsafat.
2.      Filsafat Berarti Cinta Kebenaran
Maksudnya, Filsafat adalah cara kerja fikiran untuk memperoleh kebenaran dan kenyataan dengan cara mengadakan berbagai pengamatan atau penyelidikan tentang hakikat dari segala sesuatu.
Dengan mengetahui hakikat kebenaran dari segala sesuatu akan mendapatkan ketenangan fikiran dan kemantaban hati sehingga tidak ada perasan ragu-ragu ataupun khawatir dalam melakukan segala sesuatu, karena segala sesuatu yang akan dipilihnya terlebih dahulu akan diselidiki dan diamati tentang baik buruknya, manfat mudharatnya, dan hakikat dari sauatu tersebut.

 CARA MEMAHAMI FILSAFAT
Berfilsafat adalah memahami sesuatu dari segi hakikatnya, Orang yang berfilsafat tidak akan merasa puas dengan pengetahuan yang dimliki selagi masih ada sesuatu yang belum ia ketahui hakikatnya, pendek kata orang yng berfilsafat akan mengabdikan hidupnya untuk mencari pengetahuan. Menurutnya, memiliki pengetahuan yang luas tentang segala sesuatu merupakan suatu kepuasan tersendiri.
Memahami Ilmu Filsafat memang sulit jika hanya melalui bacaan saja tanpa mau mencobanya, melainkan seseorang harus mencoba memikirkan hakikat dari segala sesuatu dan kemudian mengqiaskannya dengan definisi-definisi filsafat yang telah dipelajarinya. Karena Filsafat akan maklum jika orang tersebut telah berfilsafat sendiri, semakin dalam ia berfilsafat, maka ia akan semakin tahu apa Filsafat itu.
Sebenarnya ilmu Filsafat tidak berbeda jauh dengan dengan ilmu-ilmu yang lain, Yang membedakan adalah : kalau mempelajari Ilmu-ilmu yang lain  bertujuan untuk mengetahui sesuatu yang belum tahu supaya tahu, sedangkan kalau memahami ilmu Filsafat selain untuk mengetahui sesuatu yang belum tahu juga untuk mencari sebab akibat, baik buruk, Manfat mudharat serta makna hakiki dari segala sesuatu tersebut.

0 komentar: