MENU BLOG

Wednesday 8 October 2014

Sang Pencipta Alam


Agama islam adalah agama yang telah banyak memberikan pelajaran kepada manusia, menjelaskan wujud Alloh, keagungan-Nya sifat-sifat-Nya serta rahmat-Nya kepada seluruh manusia. Manusia adalah makhluk Alloh yang paling sempurna dibandingkan makhluk Alloh yang lain. Manusia diciptakan Alloh dengan dilengkapi nafsu dan akal. Oleh karena itu manusia dapat berfikir dan memanfaatkan alam seisinya. Hanya manusia yang dapat memikirkan sebab terjdinya langit, bumi, siang, malam dan lainnya. Dan hanya manusialah yang mengetahi bahwa semuanya adalah merupakan bukti kekuasaan Alloh.
Firman Alloh surat Ali Imron: 199
“dan Sesungguhnya diantara ahli kitab ada orang yang beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kamu dan yang diturunkan kepada mereka sedang mereka berendah hati kepada Allah dan mereka tidak menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit. mereka memperoleh pahala di sisi Tuhannya. Sesungguhnya Allah Amat cepat perhitungan-Nya”.

Ayat diatas menjelaskan bahwa hanya orang yang cerdas sajalah yang akan mengetahui dan ingat akan keagungan dan kekuasaan Alloh. Dan hanya orang yang mau berfikir sajalah yang akan dapat memanfaatkan alam seisinya untuk mencukupi kebutuhan hidup manusia, karena alam ini diciptakan karena diciptakannya manusia. Firman Alloh dalam surat Luqman: 20.
Firman Alloh juga dalam surat Al-Jatsiyah: 12. 
“Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan Mudah-mudahan kamu bersyukur”.

Ayat yang pertama menjelaskan dengan jelas bahwa langit, bumi dan ala. seisinya semuanya diciptakan hanya untuk manusia. Manusia yang sudah disiapi semua kebutuhannya oleh Alloh juga diberi nafsu dan akal supaya mau berusaha mencari apa yang dibutuhkannya di alam ini.

Ayat yang ke dua menjelaskan bahwa Alloh menciptakan laut supaya manusia dapat menjalankan kewajibannya, berlayar sesuai firman dan ketentuan Alloh.

0 komentar: