MENU BLOG

Tuesday 7 October 2014

Potret Guru di Era Modern

Di tengah–tengah berbagai gugatan terhadap dunia pendidikan nasional. Peran guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan sulit diabaikan. Pendidikan   ti-dak akan berarti apa–apa tanpa kehadiran guru. Apapun model kurikulum pendi-dikan  yang  berlaku, gurulah  pada  akhirnya  yang tetap menentukan tercapainya progam tersebut.
Sebuah  pembelajaran  sangat  ditentukan  keberhasilannya oleh  kiat masing-masing guru di kelas. Tenaga pengajar yang  professional akan terukur dan  sejauh mana  dia  menguasai yang  diasuhnya. Hingga  peserta  didiknya  mencapai  hasil belajar yang optimal. Dalam pandangan psikologi belajar, keberhasilan belajar  itu lebih  banyak  ditentukan oleh tenaga pengajarnya. Hal  ini disebabkan tenaga  pengajar selain sebagai orang yang berperan dalam proses transformasi pengetahuan dan ketrampilan, juga dia memandu segenap proses pembelajaran.  Ditangannnya-lah sebuah  peristiwa  belajar  dapat  berlangsung.  Padanya pula pembelajaran  di-arahkan kemana akan dibawa.
Guru sebagai pekerja professional harus memfasilitasi dan membentengi  dirinya dengan seperangkat pengalaman, ketrampilan dan pengetahuan tentang  keguruan  selain  harus  menguasai substansi keilmuwan yang ditekununya  banyaknya guru yang mengajar masih terkesan hanya memerlukan strategi, kiat dan  berbagai metode tertentu dalam mengajar.
Baginya yang  penting  proses  pembelajaran bisa  berlangsung. Ia tidak  perlu membuat  perencanaan  mengajar,  pengembangan  tujuan  dan juga tidak mempunyai target dalam suatu pembelajaran. Hasil  belajar yang optimal sangat  ditentu-kan oleh kompetensi dan profesionalitas seorang guru di kelas. Indikasi sederhana kompetensi dan profesionalitas ini dapat dilihat dari kesiapan dan  kematangan se-orang guru di kelas dan tanggung jawabnya dalam menunaikan tugas profesi.
Seorang guru yang memasuki kelas tanpa kesiapan, maka ia harus siap keluar kelas tanpa kehormatan dan kewibawan. Hal ini adalah wajar, karena peserta didik dapat menilai dan melihat langsung para gurunya yang siap mengajar atau tidak.





.
Seorang guru harus mempunyai sejumlah kiat dalam pembelajaran. Kiat yang dimiliki bukan saja hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tetapi  lebih  jauh dari itu adalah dalam rangka menumbuhkan semangat belajar siswa. Seorang guru yang berkompetensi, cerdas, dan professional. Memiliki  kiat  khusus dalam kelas. Dengan demikian guru akan menjadi orang yang dirindukan kehadirannya di kelas Kalau demikian halnya seberat apapun bidang studi yang diajarkan  akan  diminati dan dianggap ringan ole siswa.

Selain   itu   juga   seorang  guru juga harus pandai-pandai dalam memilih dan menggunakan  metode  mengajarnya. Jangan  sampai guru hanya berperan sebagai pekerja teknik D3PL ( Datang, Duduk, Dengar, Pulang dan Lupa). Karna memang tidak  dapat  dipungkiri keberhasilan suatu proses aktivitas pendidikan akan selalu dipengaruhi beberapa factor, antara lain yaitu faktor guru.
Dan untuk mencapai hasil seperti diatas seorang  guru harus  memprogam dan merencanakan kegiatan belajar dan mengajarnya melalui pembuatan silabus, Penelitian  Tindakan  Guru   (PTK),   atau yang sejenisya. Karena  semuanya  itu sebenarnya adalah  tugas pokok guru sebagai  administrator  kelas untuk mencapai hasil yang optimal dalam suatu peristiwa pembelajaran
Tugas   seorang  guru  dalam  kaitannya  dalam proses pembelajaran bukanlah pekerjaan  yang mudah , karna guru tidak hanya mengupayakan untuk tercapainya materi  yang   disampaikan,  tetapi  juga menyangkut tujuan sekolah. Guru sebagai komponen  penting pendidikan di sekolah. Karna  bagaimanapun kurikulum diubah dan  apapun  inovasi yang dilakukan  oleh pemerintah  untuk  meningkatkan mutu pendidikan  dinegara   kita, pada   akhirnya gurulah yang  harus  melaksanakannya dikelas.
Itulah sebabnya, untuk  memperbaiki wajah pendidikan  di Negara kita, diperlukan   upaya   peningkatan   profesionalisme guru. Baik melalui diklat, penataran, pembinaan-pembinaan, Kelompok Kerja Guru ( KKG) dan sebagainya.

Itulah  beban dan tugas yang harus dilaksanakan  seorang guru untuk meningkatkan wajah pendidikan di Negara kita ini.

0 komentar: