MENU BLOG

Tuesday 7 October 2014

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Guru  adalah    suatu   jabatan    yang dikenal  dengan   pekerjaan yang professsional. Artinya  jabatan  ini  membutuhkan  keahlian khusus. Profei  guru   ini   tidak dapat dikerjakan  oleh sembarang orang.  Banyak   orang  yang pandai bicara tertentu, namun orang tersebut belum tentu bisa disebut sebagai guru.
Adapun tugas pokok dan tanggung jawab guru dikelas adalah:
1.    Guru sebagai Pengajar
2.    Guru sebagai Pembimbing
3.    Guru sebagai Administrator kelas.

A.  Guru Sebagai Pengajar
      Guru  sebagai  pengajar  bertugas   memberikan  pengajaran  didalam  kelas. Ia  menyampaikan  pelajaran  agar  peserta  didik  memahami dengan baik semua  pengetahuan yang telah disampaikan itu, selain dari itu  ia juga  berusaha agar  terjadi perubahan sikap, ketrampilan, kebiasaan,  hubungan  sosial dan sebagainya melalui  pengajaran yang diberikannya.
Untu   mencapai  tujuan seperti itu. Guru  perlu  memahami  sedalam-dalamnya pengetahuan yang akan menjadi tanggung jawabnya dan menguasai dengan baik metode pengajaran yang akan digunakan.

B.  Guru Sebagai Pembimbing
Gu        Guru sebagai pembimbing berkewajiban membantu  peserta didik agar  mereka  mampu  memecahkan masalahnya sendiri. Peserta  didik  biasanya  membutuhkan bantuan guru  dalam  hal  mengatasi kesulitan - kesulitan yang belum  tau cara mengatasinya. Perlu dipahami juga bahwa pembimbing yang paling dekat  dengan peserta didik adalah guru. Karena  itu  seorang  guru juga perlu menambah  pemahaman dan pengetahuan tentang  psikologi kepribadian dan juga psikologi belajar.
Dengan  menambah   pengetahuan  tentang psikologi kepribadian dan psikologi belajar guru dapat memberikan layanan bantuan dan bimbingan yang tepat kepada para  siswa dengan pendekatan yang relevan  dengan tingkat perkembangannya.  Selain itu gru juga dapat mengantisipasi  kemungkinan -  kemungkinan timbulnya   kesulitan belajar siswa tertentu.Lalu mengambil langkah-langkah penanggulangan yang tepat sesuai dengan taraf perkembangannya.
  
C.  Guru Sebagai Administrator Kelas
Guru sebagai Administrator Kelas  bertugas mengumpulkan data, memprogam dan membuat  perencanaan  mengajar. Kemudian mengadakan evaluasi sebagai bahan untuk mengambil keputusan atas hasil pelajaran yang telah dilaksana-kannya.
Guru yang baik akan sedapat mung-kin agar pengajarannya  berhasil. Salah satu factor yang bias membawa keberhasilan itu adalah dengan membuat  peren-canan  belajar sebelum kegiatan belajar me-ngajar berlangsung. Pada garis besar-nya, perencanaan mengajar berfungsi sebagai berikut:
1.    Memberi guru pemahaman yang lebih jelas tentang tujuan pendidikan sekolah .
2.    Menambah keyakinan guru atas nilai-nilai pengajaran yang diberikan dan prosedur yang digunakan.
3.    Lebih menghemat waktu pelajaran dan metode yang digunakan tepat.
4.    Para  peserta  didik  akan  menghormati  guru  yang  dengan sungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk mengajar sesuai dengan harapan-harapan mereka.
5.    Memberi  kesempatan  kepada  guru untuk memajukan pribadinya dan perkembangan profesionalnya.
6.    Membantu guru memiliki perasaan percaya diri dan jaminan atas diri sendiri.
7.    Membantu   guru memelihara kegairahan mengajar dan senantiasa memberikan bahan – bahan yang terbaru kepada peserta didik.
Masih banyak lagi manfat-manfaat yang akan ditemukan oleh guru dengan membuat perencanaan belajar terlebih dahulu.

0 komentar: