MOHAMMAD, 2014: Studi Komparatif Guru dan Murid dalam perspektif Al-Ghazaly di Era Modern. Skripsi, Program Study Pendidikan Islam, Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Hasanuddin Pare Kediri. Dosen Pembimbing : Drs. Imam Sanusi
Permasalahan: (1) Bagaimanakah Perspektif Al-Ghozaly tentang guru dan murid ?, (2) Bagaimanakah Komparasi Guru dan Murid
dalam perspektif Al-Ghozaly dengan Guru dan Murid Di era modern?.
Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui Perspektif Al-Ghozaly tentang guru dan murid, (2) Untuk mengetahui Komparasi Guru dan
Murid dalam perspektif Al-Ghozaly dengan Guru dan Murid Di era modern.
Kegunaan Penelitian: (1) Secara Teoritik, skripsi ini diupayakan
dapat menjadi kontribusi ilmiah bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan agama,
khususnya pengetahuan tentang pemikiran Al-Ghozaly tentang guru dan murid, (2) Secara Praktis, sebagai upaya agar masalah
Pendidikan Islam terutama pemikiran Al-Ghozaly sesuai dengan apa yang sedang
diharapkan oleh seluruh masyarakat.
Prosedur Penelitian: Mengumpulkan
literatur-literatur kitab karangan Al-Ghozaly, kemudian menelaah dan mengkaji relevansinya
untuk diterapkan dalam pelaksanaan pendidikan Islam pada era modern.
Sumber
Data: sumber data
primer, yakni kitab Ihya’ ‘Ulumuddin dan Bidayatul Hidayah dan kitab-kitab
karya Al-Ghozaly lainnya yang berhubungan dengan guru dan murid. Sumber data sekunder,
yakni literatur-literatur yang berkaitan erat dengan guru dan murid.
Variabel
Penelitian:
Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel yaitu: (1) variabel bebas (dependent variabel) yakni kajian lteratur
kitab-kitab karya Al-Ghozaly tentang guru dan murid dan (2) variabel terikat (independent variabel) yakni kondisi guru
dan murid pada era modern.
Metode
dan Instrumen:
Metode pengumpulan data melalui tehnik penelitian kepustakaan (library research) yakni mengumpulkan
literatur kitab-kitab karya Al-Ghozaly yang berhubungan dengan guru dan murid,
kemudian menggunakan metode pengolahan data, baik secara deduktf maupun secara
komparatif.
Analisis
Data: Data hasil
penelitian ini diuji dengan tehnik deskriptif analisis, ditelaah sesuai
fenomena kekinian dan disajikan dengan analisis isi (content analysis).
Hasil
Penelitian:
Ada komparasi pemikiran Al-Ghozaly tentang pendidikan Islam dengan optimalisasi
penerapan pendidikan Islam pada era modern.Beikut Link Download selengkapnya:
Download BAB I.docx
BAB-2-El-Qohary.docx
BAB-3-AL-QOHARY.docx
Download BAB IV.docx
Download BAB V.docx
DAFTAR-PUSTAKA.docx
RIWAYAT-PENULIS.docx
0 komentar:
Post a Comment