1.
Membuat dan Mengembangkan Rencana Pengajaran
Seorang guru
adalah pemimpin pembelajaran
di kelasnya. Ditangannyalah proses
pendidikan dapat berjalan. Hasil pendidikan
yang akan dicapai peserta didiknya pun juga bergantung kepada profesionalitas seorang
guru. Seorang guru yang professional pasti
akan memprogam proses
pembelajarannya kemudian mengembangkannya menjadi
komponen– komponen seperti yang
ada di dalam silabus.
A. Pengertian
Silabus
Silabus adalah sebuah seperangkat rencana dan pengaturan
kegiatan pembe-lajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasi belajar. Dengan demikian
ada tiga hal yang tercakup dalam silabus, yaitu kompetensi yang harus dimiliki
siswa, strategi pencapaiannya dan cara untuk mengetahui ketercapaian kompetensi yang telah
ditentukan.
B. Komponen –
Komponen Silabus
Adapun komponem – komponen yang harus ada di dalam
silabus adalah :
1)
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar adalah target pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
Oleh karna itu kompetensi dasar harus ada dalam silabus
sebagai patokan bagi guru dalam pengelolaan pembelajaran.
2)
Hasil Belajar.
Hasil
belajar merupakan gambaran kemampuan siswa dalam memenuhi suatu
tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar.
3)
Indikator
Tugas-Tugas Administrasi Guru 5
|
4)
Langkah
Pembelajaran
Langkah pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh
guru secara berurutan untuk mencapai target kompetensi yang harus dicapai. Dalam menentukan langkah pembelajaran sebaiknya dirancang
proses pembe-lajaran yang berorientasi pada siswa. Artinya guru menempatkan
siswa sebagai subyek belajar yang dapat
mencari, menemukan dan merancang
pengetahuan-nya sendirisesuai dengan pengalaman belajar yang telah
dilakukannya.
5)
Alokasi Waktu
Untuk menentukan pembelajaran, alokasi wktu yang diperlukan
untuk mempe-lajari satu materi pelajaran perlu ditentukan. Penentuan alokasi waktu sangat
bergantung kepada keluasan dan kedalaman materi serta tingkat kepentingan
dengan keadaan dan kebutuhan setempat.
6)
Sarana dan
Sumber Belajar
Penentuan sarana belajar akan sangat membantudalam
proses pencapaian kom-petensi yang diharapkan. Dalam konteks
ini sarana lebih ditekankan
kepada penentuan media dan
sumber belajar yang dianggap relevan untuk mencapai kompetensi
yang diharapkan.
7)
Penilaian
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan menafsirkan data tentang
proses dan hasil belajar yang dilakukan secara
berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengam- bilan
keputusan.
Komponen 1 sampai dengan 3 yaitu:
komponen dasar,
Hasil Belajar dan Indikator, para pengembang silabus dapat mengacu
pada kompetensi mata pela-jaran yang telah ditentukan. Sedangkan
komponen – komponen selanjutnya ditentukan oleh guru atau para
pengembang silabus.
2. Mengembangkan
Strategi Pembelajaran
Tugas-Tugas Administrasi Guru 6
|
1.
Tahap Informasi
( Penerimaan Materi)
2.
Tahap
Transformasi ( Pengubahan Materi)
3.
Tahap Evaluasi (
Penilaian Materi )
Dalam
membimbing semua tahapan –
tahapan pembelajaran, sebaiknya guru
memilihkan metode dan teori pengajaran yang tepat bagi siswanya. Agar siswanya
tidak merasa bosan dalam menerima materi
yang disampaikan oleh gurunya, jika
guru telah tepat
dalam memilihkan metode
dan teori pengajaran kepada siswa, maka
guru tersebut kehadirannya akan
selalu dirindukan oleh murid – muridnya. Kehadiran guru tersebut seolah – olah
telah menambah semangat belajar saya.
3. Mengadakan
Evaluasi
Evaluasi merupakan suatu proses memberikan pertimbangan mengenai nilai. Sesuatu yang
dipertimbangkan itu bias
berupa Orang, Benda atau kegia-tan.
Dari konsep tersebut
ada 2 karakteristik evaluasi.
Yaitu: evaluasi merupa-kan suatu proses
atau tindakan. Yang
mana proses tersebut dilakukan
untuk member makna atau nilai. Artinya berdasarkan
hasil pertimbanga evaluasi, guru dapat
nengumpulkan informasi tentang
pencapaian hasil belajar siswa. Selain itu juga untuk membuat keputusan
tentang hasil belajar berdasarkan informasi yang diperoleh dari
evaluasi.
Keputusan – keputusan semacam itu sangat
diperlukan untuk perbaikan progam dan juga sebagai
bahan evaluasi guru untuk
mengetahui bahwa me-tode
dan teori pengajarannya telah tepat.
4. Mengadakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Tugas-Tugas Administrasi Guru 7
|
Demikian
tugas – tugas guru sebagai
administrator kelas. Untuk membawa pendidikan di Indonesia
menjadi lebih baik
0 komentar:
Post a Comment