Guru adalah suatu jabatan yang
dikenal dengan pekerjaan
yang professsional. Artinya jabatan ini membutuhkan
keahlian khusus. Profei guru ini tidak dapat dikerjakan oleh sembarang orang. Banyak
orang yang pandai bicara tertentu, namun orang
tersebut belum tentu bisa disebut sebagai guru.
Adapun tugas pokok dan tanggung jawab guru dikelas
adalah:
1.
Guru sebagai
Pengajar
2.
Guru sebagai
Pembimbing
3.
Guru sebagai
Administrator kelas.
A. Guru Sebagai
Pengajar
Guru sebagai pengajar bertugas memberikan
pengajaran didalam kelas. Ia menyampaikan pelajaran agar peserta didik memahami
dengan baik semua pengetahuan yang telah
disampaikan itu, selain dari itu ia juga
berusaha agar terjadi perubahan sikap, ketrampilan, kebiasaan,
hubungan sosial dan sebagainya melalui pengajaran yang diberikannya.
Untu mencapai tujuan seperti itu. Guru perlu memahami sedalam-dalamnya pengetahuan yang akan menjadi
tanggung jawabnya dan menguasai dengan baik metode pengajaran yang akan
digunakan.
B. Guru Sebagai
Pembimbing
Gu Guru sebagai pembimbing
berkewajiban membantu peserta didik
agar mereka mampu
memecahkan masalahnya sendiri. Peserta
didik biasanya membutuhkan bantuan guru dalam hal
mengatasi kesulitan - kesulitan yang
belum tau cara mengatasinya. Perlu
dipahami juga bahwa pembimbing yang paling dekat dengan peserta didik adalah guru. Karena itu
seorang guru juga perlu menambah pemahaman dan pengetahuan tentang psikologi kepribadian dan juga psikologi
belajar.
Dengan menambah pengetahuan tentang psikologi kepribadian dan psikologi
belajar guru dapat memberikan layanan bantuan dan bimbingan yang tepat kepada
para siswa dengan pendekatan yang relevan dengan tingkat perkembangannya. Selain itu gru juga dapat mengantisipasi kemungkinan -
kemungkinan timbulnya kesulitan
belajar siswa tertentu.Lalu mengambil langkah-langkah penanggulangan yang tepat
sesuai dengan taraf perkembangannya.
C. Guru Sebagai
Administrator Kelas
Guru sebagai Administrator Kelas bertugas mengumpulkan data, memprogam dan
membuat perencanaan mengajar. Kemudian mengadakan evaluasi sebagai
bahan untuk mengambil keputusan atas hasil pelajaran yang telah dilaksana-kannya.
Guru yang baik akan sedapat mung-kin agar
pengajarannya berhasil. Salah satu factor
yang bias membawa keberhasilan itu adalah dengan membuat peren-canan
belajar sebelum kegiatan belajar me-ngajar berlangsung. Pada garis besar-nya,
perencanaan mengajar berfungsi sebagai berikut:
1.
Memberi guru
pemahaman yang lebih jelas tentang tujuan pendidikan sekolah .
2.
Menambah
keyakinan guru atas nilai-nilai pengajaran yang diberikan dan prosedur yang
digunakan.
3.
Lebih menghemat
waktu pelajaran dan metode yang digunakan tepat.
4.
Para peserta didik
akan menghormati guru
yang dengan sungguh-sungguh
mempersiapkan diri untuk mengajar sesuai dengan harapan-harapan mereka.
5.
Memberi kesempatan
kepada guru untuk memajukan pribadinya
dan perkembangan profesionalnya.
6.
Membantu guru
memiliki perasaan percaya diri dan jaminan atas diri sendiri.
7.
Membantu guru
memelihara kegairahan mengajar dan senantiasa memberikan bahan – bahan yang
terbaru kepada peserta didik.
Masih
banyak lagi manfat-manfaat yang akan ditemukan oleh guru dengan membuat
perencanaan belajar terlebih dahulu.
0 komentar:
Post a Comment