RELEVANSI PEMIKIRAN YUSUF QARDHAWI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA MODERN. OLEH MAMLUATUL
MUBAROKAH. NIM : 2009481415.
Pembimbing : Drs. H. HARUN KUSAIJIN, M.Fil.I
Permasalahan: (1) Bagaimanakah pemikiran Yusuf Qardhawi tentang pendidikan ?, (2) Bagaimanakah
relevansi pemikiran Yusuf Qardhawi terhadap pendidikan Islam dan tokoh-tokoh
pendidikan Islam dewasa ini terutama dalam Metode Pengajaran?.
Tujuan
Penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana
pokok-pokok pikiran Yusuf Qardhawi tentang Pendidikan, (2) Untuk mengetahui
relevansi pemikiran Yusuf Qardhawi terhadap pendidikan Islam dan tokoh-tokoh
pendidikan Islam dewasa ini terutama dalam metode pengajaran.
Kegunaan Penelitian: (1) Secara Teoritik, skripsi ini diupayakan dapat menjadi kontribusi ilmiah
bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan agama, khususnya pengetahuan tentang
pemikiran Pendidikan Yusuf Qardhawi dalam pendidikan Islam, (2) Secara Praktis,
sebagai upaya agar masalah Pendidikan Islam terutama pemikiran Yusuf Qardhawi
sesuai dengan apa yang sedang diharapkan oleh seluruh masyarakat.
Prosedur Penelitian:
Mengumpulkan literatur-literatur
kitab karangan Yusuf Qardhawi, kemudian menelaah dan mengkaji relevansinya untuk
diterapkan dalam pelaksanaan pendidikan Islam pada era modern.
Sumber Data: sumber data primer, yakni kitab At Tarbiyyah Al-Islamiyah dan Ar-Rasul
Wal-Ilmu dan kitab-kitab karya Yusuf Qardhawi lainnya yang berhubungan dengan
pendidikan Islam. Sumber data sekunder, yakni literatur-literatur yang
berkaitan erat dengan pendidikan Islam.
Variabel
Penelitian: Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel yaitu:
(1) variabel bebas (dependent variabel)
yakni kajian lteratur kitab-kitab karya Yusuf Qardhawi tentang pendidikan Islam
dan (2) variabel terikat (independent
variabel) yakni kondisi pendidikan Islam pada era modern.
Metode dan
Instrumen: Metode pengumpulan data melalui tehnik penelitian
kepustakaan (library research) yakni mengumpulkan
literatur kitab-kitab karya Yusuf Qardhawi yang berhubungan dengan pendidikan
Islam, kemudian menggunakan metode pengolahan data, baik secara deduktf maupun
secara komparatif.
Analisis Data: Data hasil penelitian ini diuji dengan tehnik deskriptif analisis,
ditelaah sesuai fenomena kekinian dan disajikan dengan analisis isi (content analysis).
Hasil
Penelitian: Ada relevansi pemikiran Yusuf Qardhawi tentang
pendidikan Islam dengan optimalisasi penerapan pendidikan Islam pada era
modern.
berikut link ownload skripi selengkapnya :
0 komentar:
Post a Comment