ABSTRAK
INAYATUL
KHUSNA, 2014, Upaya
Guru Pendidikan Agama
Islam Dalam Meningkatkan Profesionalisme
Kegiatan Belajar
Mengajar di SMP I Kepung. Skripsi, Program Study Pendidikan Islam, Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama
Islam Hasanuddin Pare Kediri. Dosen Pembimbing : Drs. H. Harun Kusaijin,M.Fil.I
Kata Kunci:Profesionalisme, Guru, Proses
Belajar Mengajar
Dalam era pembangunan dan negara yang sedang berkembang
seperti indonesia ini, guru mempunyai peranan penting dalam mengabdi untuk
meningkatkan kecerdasan bangsa termasuk bimbingan pada generasi mendatang, maju
mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh seorang pendidik. Oleh karena itu
seorang guru mempunyai kewajiban secara langsung untuk mengawasi dan membantu
proises belajar pada peserta didik dan anak didik.
Diakui atau tidak, guru akan selalu menjadi unsur penting
yang menentukan berhasil atau tidaknya sutu pendidikan. Oleh karena itu maka
guru selalu berperan dalam pembentukan sumberdaya manusia yang pontensial
dibidang pembangunan bangsa dan negara. Guru adalah orang kedua setelah orang
tua yang selalu mendidik dan memgawasi anak, untuk menuju cita-cita dan tujan
hidupnya. Oleh karena seorang guru harus memiliki dedikasi yang sangat tinggi
dan profesi yang dipilihnya itu bukan pekerjaan sampingan, sebab diakui atau
tidak gurulah yang menentukan keberhasilan anak.
Berpegang dari latar belakang diatas serta dasar pemikiran
yang terdapat didalamnya maka rumusan masalah sebagai berikut Bagaimana
profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di SMP I Kepung ,Bagaimana upaya peningkatan
profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di SMP I Kepung, Faktor apa yang mempengaruhi
upaya peningkatan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di SMP I Kepung
Dari perumusan masalah tersebut maka penelitian ini
bertujuan mendiskripsikan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di
SMP I Kepung, mendiskripskan
upaya peningkatan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di SMP I Kepung, mendiskripsikan
faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan profesionalisme guru dalam proses
belajar mengajar di SMP I Kepung.
Penelitian dilakukan di SMP I Kepung. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi,
dokumentasi, dan interview. Kemudian
data yang telah terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengn tekinik analisis
deskriptif kualitatif.
Dari hasil pemabahasan dan penelitian didapat kesimpulan
sebagai berikut, profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar sudah cukup
baik, terbukti dengan kemampuan guru membuat satpel, selalu membuat persiapan
mengajar dengan baik, menggunakan alat peraga dengan baik, dan selalu
mengadakan evaluasi.
Berikut link download selengkapnya:Downloadd BAB I: Pendahuluan.doc
Downloadd BAB II: Kajian Pustaka.docx
Downloadd BAB III: Metode Penelitian.docx
Downloadd BAB IV: Pembahaan.docx
Downloadd BAB V:Penutup.doc
0 komentar:
Post a Comment